Kamis , 27 Juni 2019
Home / Metropolis / Data Penerima Seribu Rumah PNS Masih Buram

Data Penerima Seribu Rumah PNS Masih Buram

Marjon

BENGKULU- Program pembangunan seribu rumah bagi kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) yang berada di kawasan Bentiring dan Betungan sejak dimulai dua tahun silam kembali disorot oleh kalangan DPRD Kota Bengkulu. Pasalnya hingga kemarin belum ada progress terkait program tersebut. Bahkan data real penerimanya masih dipertanyakan DPRD.

Anggota Komisi II DPRD Kota Zulaidi meminta agar Pemerintah Kota (Pemot) harus transparan berkaitan dengan program pembangunan seribu rumah PNS tersebut. Dengan cara mengumumkan nama-nama penerima dalam memverifikasi data penerima program seribu rumah PNS tersebut.

“Sejauh ini belum ada laporan nama penerima seribu rumah PNS itu siapa saja. Seharusnya pemkot menyampaikan data realnya jangan sampai program tersebut malah diperuntukkan bukan untuk pegawai. Makanya kita pertanyakan data penerima keseluruhannya itu,” tegas Zulaidi.

Selain itu menurut Zulaidi, penerima seribu rumah PNS tersebut juga rawan di manipulasi data penerimanya. “Sebab bisa saja namanya PNS yang punya, tapi malah kalangan pejabat atau kalangan PNS mempunyai rumah lebih dari satu. Inilah yang harus ketat diawasi jangan sampai terjadi kecurangan,” tutur Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Senada disampaikan Anggota DPRD kota lainnya, Heri Ifzan mengatakan, Pemkot sampai saat ini belum juga menyampaikan data konkret penerima seribu rumah PNS tersebut siapa saja yang menerimanya ke DPRD terus menjadi tanya besar. Karena data tersebut sangat penting untuk keterbukaan publik. Terutama bagi kalangan PNS yang belum memiliki rumah.

“Mungkin dalam waktu dekat kita akan jadwalkan hearing lagi. Sebab keterbukaan dan transparan data penerima itu sangat penting. Apalagi banyak kalangan PNS kita yang mengeluhkan belum mampu membeli rumah ataupun belum punya tempat tinggal sendiri. Termasuk sejumlah PNS juga banyak melaporkan terkait program itu,” katanya.

Selain itu lanjut Heri, pihaknya juga akan melihat data tersebut terkait kriteria rumah subsidi kalangan PNS tersebut paling utama dalah PNS yang golongan rendah yang sudah berkeluarga dan benar-benar belum memiliki rumah atau tempat tinggal.

“Alangkah baiknya untuk sama-sama mencek ke lapangan mulai dari seleksi administrasi nama-nama dibeberkan dan seleksi dilapangan dengan survei kelapangan yang katanya berada di dua lokasi Bentiring dan Betungan itu. Sehingga rumah itu diperuntukkan bagi kalangan PNS yang kurang mampu ataupun PNS yang belum memiliki tempat tinggal,” bebernya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) kota Marjon, MPd belum bisa dikonfirmasi. Dihubungi beberapa kali ponsel pribadinya sulit dihubungi. Hal yang sama Kepala Dinas Perumahan Rakyat Drs. Yusman dihubungi beberapa kali ponselnya tidak aktif.(new)

Berita Lainnya

Gelombang Tinggi Hantam Laut Bengkulu

BENGKULU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Pulau Baai Bengkulu kembali merilis ...

error: Content is protected !!