Senin , 22 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Hari Libur, Dukcapil Benteng Tetap Buka

Hari Libur, Dukcapil Benteng Tetap Buka

BUKA : Pelayanan di Dinas Dukcapil Benteng tetap di hari libur sampai 17 April mendatang. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Mulai Rabu (3/4) hingga pelaksanaan Pemilu 17 April, meski hari libur (Hari Minggu) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bengkulu Tengah (Benteng) tetap  membuka pelayanan untuk pengurusan identitas atau surat keterangan (suket) data kependudukan. Hal ini dilakukan setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai syarat bisa ikut memilih diantaranya ada suket dari Dinas Dukcapil setempat.

Kadis Dukcapil Benteng, Ayatul Mukhtadin S.Sos saat dikonfirmasi menjelaskan pihaknya membantu warga terutama yang belum melakukan perekaman e-KTP untuk identitas penduduknya. “Bagi warga Benteng yang belum ada identitas, bisa langsung mendatangi kami meskipun hari libur,” terangnya.

Dijelaskannya, untuk suket ini sudah sesuai aturan terbaru bisa menjadi syarat bagi yang ingin memilih di pemilu nanti. Terutama juga untuk warga yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) bisa memberikan suket kepada panitia pemilihan di PPS dan akan diakomodir untuk dimasukkan dalam DPT tambahan dengan keterangan dari suket tersebut.

Untuk data jumlah penduduk di Kabupaten Benteng yang wajib perekaman sebanyak 81.539 jiwa. Data tersebut juga menjadi data untuk DPT di Kabupaten Benteng. Dalam hal ini, Dukcapil Benteng juga melakukan koordinasi dengan KPU Benteng. Sementara jumlah penduduk berdasarkan data wajib perekaman, yang belum melakukan perekaman sampai akhir Maret 2019 mencapai 1.056 jiwa. “Pelayanan perekaman dan suket sesuai jam kerja meskipun hari libur,” katanya.

Sekdis Dukcapil Benteng, Adnand Kasidi S.Sos juga menjelaskan selain untuk suket, juga hal ini bisa dimanfaatkan terutama bagi siswa sekolah yang telah wajib perekaman namun belum terakomodir saat perekaman goes to school lalu. “Terbuka untuk semua warga Benteng yang membutuhkan proses data kependudukan,” ujarnya.(vla)

Berita Lainnya

Bupati Tutup JPD XII

BENTENG – Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH, Sabtu (20/7) malam ...

error: Content is protected !!