Senin , 22 April 2019
Home / Metropolis / Kendalikan Inflasi Melalui BUMDes

Kendalikan Inflasi Melalui BUMDes

RAPAT: Sekdaprov Nopian Andusti saat memimpin rapat koordinasi TPID se Provinsi Bengkulu, Selasa (2/4). (foto: yunike/rb)

BENGKULU – Salah satu cara untuk mengendalikan inflasi dengan mengaktifkan peran Badan Usaha Masyarakat Desa (BUMDes). Hal itu disampaikan Sekdaprov Nopian Andusti, SE, MT usai evaluasi dan rencana kedepan dalam pengendalian inflasi di Provinsi Bengkulu bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se Provinsi Bengkulu.

“Dengan pengendalian inflasi yang baik kita akan menjamin harga kebutuhan terjangkau, distribusi lancar. Masyarakat tidak perlu lagi mengeluh barang tidak ada, harga juga terjangkau,” kata Nopian.

Dari hasil evaluasi bersama TPID se Provinsi Bengkulu, menurutnya, masih perlu melengkapi dokumen pendukung data laporan karena masih ada beberapa bagian belum lengkap. Selain evaluasi kinerja, dalam rapat bersama tersebut juga dibahas rencana strategis dalam pengendalian inflasi di daerah. Salah satu rencana yang muncul, diantaranya dengan memberdayakan BUMDes yang ada di desa. Untuk ikut serta dalam rangka pendistribusian pangan ke masyarakat termasuk memasarkan hasil produksi masyarakat.

“Termasuk rencana strategis kita bahas tahun ini. Yang muncul salah satunya bagaimana memberdayakan BUMDes-BUMdes yang ada di desa. BUMDes bersama pemerintah melakukan pemasaran hasil dari masyarakat,” bebernya.

Nopian menerangkan inflasi itu dibutuhkan. Dengan adanya inflansi maka ekonomi bisa bergerak tidak selalu dalam kondisi stagnan, namun bila inflasi terlalu tinggi dikhawatirkan harga-harga juga melonjak tinggi. Lantaran itulah inflasi itu harus dikendalikan supaya inflasi wajar dan terkendali. “Fokus kita bukan hanya menurunkan angka inflansi tapi bagaimana inflansi ini dikendalikan,” tegasnya.

Tahun lalu, terangnya, upaya yang dilakukan oleh Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) Provinsi Bengkulu dalam mengendalikan inflasi berhasil meraih peringkat dua se- Sumatera setelah Provinsi Sumater Barat. Untuk tahun ini Nopian berharap Provinsi Bengkulu bisa meraih terbaik pertama se-Sumatera. “Jelas dong tahun ini kita berharap bisa menjadi provinsi yang terbaik dalam mengendalikan inflasi,” pungkasnya. (key)

Berita Lainnya

Porwil Kian Dekat, Rehab Venue Dikebut

BENGKULU – Pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) ke X se Sumatera semakin dekat. Dimana Bengkulu ...

error: Content is protected !!