Selasa , 23 Juli 2019
Home / Probis / Modal Rp 150 Ribu, Sukses Usaha Buket Bunga

Modal Rp 150 Ribu, Sukses Usaha Buket Bunga

LENGKAP: Berbagai macam model buket bunga yang dijual Soni di Jl. WR Supratman kawasan Unib belakang. (foto: bayu/rb)

BENGKULU – Berawal dari mengikuti teman yang memiliki usaha buket bunga, Soni Efendi (29), akhirnya tertarik untuk mengembangkan usaha sendiri. Menariknya dengan hanya bermodalkan uang sebesar Rp 150 ribu, ia kini sukses mengembangkan usaha buket bunga.

“Awalnya dengan modal sekecil itu saya membuat bunga hanya per tangkai,” ungkap pria kelahiran asli Sumatera Barat kepada RB, beberapa waktu lalu.

Ia menceritakan, kemampuannya dalam mengkreasikan bunga didapatkannya secara otodidak. Modal awal Rp 150 ribu digunakan untuk membeli bahan-bahan pembuatan buket bunga, seperti kain flanel sebagai bahan utama, kertas dan kartu ucapan sebagai bahan pelengkap. “Bahan-bahan tersebut saya pesan langsung dari Sumatera Barat, karena harga di sana jauh lebih murah dan terjangkau dari pada di Bengkulu,” jelasnya.

Soni mematok harga buket bunga buatannya dengan harga Rp 5 ribu sampai Rp 135 ribu, tergantung model dan ukurannya. Dalam sebulan, omzet yang ia dapat bisa mencapai Rp 5 juta dan kebanyakan buket bunganya digunakan untuk hadiah wisuda.

“Kebanyakan yang beli adalah mahasiswa, biasanya mereka membeli sebagai tanda ucapan kepada temannya yang baru melangsungkan ujian skripsi ataupun wisuda,” katanya.

Hampir enam tahun sudah Soni menekuni bisnis buket bunga, walaupun hanya berjualan di pinggir jalan tepatnya di Jl. WR Supratman kawasan Unib belakang, pelan-pelan konsumen semakin bertambah. Beberapa konsumen merasa puas dengan produk buatan Soni yang rapi dan dirangkai dengan kreatif. “Ke depan, saya harap bisa mempunyai toko atau galeri sendiri yang bisa memajang seluruh hasil kreasi,” tutupnya. (cw2)

Berita Lainnya

Sirion Special Edition di GIIAS 2019

Yang Segar di Booth Daihatsu 2019, Sirion Special Edition

TANGERANG – Daihatsu kembali unjuk gigi dalam pameran otomotif bergengsi Gaikindo Indonesia International Auto Show ...

error: Content is protected !!