Kamis , 25 April 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Pencurian di RumdinWaka I Dewan Terungkap, Salah Satu Pelaku Adalah Penjaga Rumah

Pencurian di RumdinWaka I Dewan Terungkap, Salah Satu Pelaku Adalah Penjaga Rumah

DIBEKUK: Tiga pelaku pencurian di rumah dinas Waka I DPRD Kepahiang, akhirnya berhasil dibekuk setelah kurang lebih 3 bulan perkara tersebut diselidiki aparat kepolisian. (foto : arie/rb)

KEPAHIANG – Masih ingat kasus pencurian yang terjadi di rumah dinas (Rumdin) Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kepahiang pada 10 Januari 2019 lalu? Saat ini aparat kepolisian dari Polres Kepahiang berhasil mengungkapkan perkara tersebut, dan membekuk 3 orang pelaku yang berhasil mencuri belasan perabotan rumdin tersebut.

Ketiga pelaku tersebut yakni HT (27), HJ (45), dan AT (25) warga Desa Pelangkian Kecamatan Kepahiang, dibekuk Tim Opsnal Polres Kepahiang  Rabu (3/4) sekitar pukul 02.30 di kediamannya masing-masing. Menariknya salah satu dari 3 pelaku tersebut yakni AT merupakan petugas jaga di Rumdin Waka I DPRD Kabupaten Kepahiang.

Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak, SH, S.IK melalui Kasat Reskrim AKP Yusiady, S.IK mengungkapkan, terungkapnya perkara ini berkat kerja keras tim penyidik Satuan Reskrim Polres Kepahiang yang terus melakukan penyelidikan atas kasus yang merugikan keuangan daerah mencapai puluhan juta rupiah tersebut.

Dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan terhadap beberapa saksi yang salah satunya adalah AT, aparat pun kemudian berhasil mengu”ngkap dalang dari perkara tersebut. “Ketiga pelaku memiliki peran masing-masing, AT adalah otak awal pemberi informasi bahwa rumdin Waka I tersebut kosong, saat itu AT sedang bertugas jaga malam. Sementara HT dan HJ yang melakukan eksekusi dengan masuk melalui jendela depan rumah dengan menggunakan linggis,” terang Yusiady.

Diungkapkan Yusiady, sebelum kejadian pencurian tersebut, di rumdin Waka I juga sempat pernah terjadi pencurian semen. Saat itu rumdin masih dalam tahapan pembangunan, dan pada bulan November 2018 lalu beberapa sak semen hilang dicuri oleh pencuri. Dan dari hasil penyelidikan baru-baru ini diketahui bahwa pelakunya tak lain adalah AT, yang saat kejadian tengah berjaga malam.

“Saat ini ketiga pelaku masih kita amankan di Mapolres Kepahiang guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Dari hasil pemeriksaan, ketiga pelaku mengaku hanya mengambil barang-barang berupa kompor gas, cangkir plastik dan karpet biru. Sementara untuk belasan barang lainnya saat ini masih kita lakukan pengembangan dan penyelidikan,” demikian Yusiady. (sly)

Berita Lainnya

MoU PT SMI Diundur

KEPAHIANG – Kendati sebelumnya telah direncanakan pada 22 April lalu, namun penandatanganan Memorandum of Understanding ...

error: Content is protected !!