Senin , 22 Juli 2019
Home / Daerah / Lebong / Tak Diserahkan, Mobnas Batal Lelang

Tak Diserahkan, Mobnas Batal Lelang

DITARIK : Tim Bidang Aset Pemkab Lebong tengah menarik mobnas yang kondisi mesinnya rusak berat untuk dikumpulkan di halaman kantor Setkab Lebong. (foto : aris/rb)

PELABAI – Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong telah menyurati 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengusulkan penghapusan aset bergerak berupa 92 unit mobil dinas (mobnas). Intinya, masing-masing OPD diperintahkan menyerahkan mobnas yang hendak dihapus dari daftar aset itu ke Bidang Aset. ‘’Kalau tidak diserahkan, lelangnya akan dibatalkan,’’ tegas Kabid Aset, BKD Kabupaten Lebong, Rizka Putra Utama, M.Si.

Tidak hanya fisik kendaraan, dokumen mobnas terkait juga harus diserahkan ke Bidang Aset paling lambat Jumat (12/4). Seluruh mobnas itu akan dikumpulkan di satu titik, yakni di halaman belakang kantor Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong di Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Pelabai. ‘’Itu sesuai arahan tim KJPP (Konsultan Jasa Penilai Publik, red) yang akan melakukan penghitungan harga jual masing-masing mobnas,’’ terang Putra.

Sengaja dikumpulkan di satu titik agar memudahkan KJPP melakukan penelitian data administrasi dan fisik kendaraan guna penentuan limit harga barang. Jika hingga batas waktu yang telah ditetapkan mobnas tidak juga dikumpulkan, KJPP tidak akan melakukan penilaian barang. ‘’Kalau sampai tidak dinilai KJPP artinya mobnas bersangkutan batal dilelang,’’ ungkap Putra.

Di sisi lain, Putra memastikan tidak ada pelayanan titipan alias boking dalam pelaksanaan lelang. Siapapun berhak mengikuti lelang karena mobnas yang akan dilelang statusnya milik Pemkab Lebong, bukan perorangan. Tidak dipungkirinya, banyak pihak yang meragukan lelang karena menduga sebagian mobnas sudah dikuasai perorangan. ‘’Saya pastikan itu tidak benar. Bahkan kami sudah koordinasi dengan KPK (komisi pemberantasan korupsi, red) terkait pelaksanaan lelang agar tidak terjadi kecurangan,’’ papar Putra.

Sementara hingga Rabu (3/4), baru 16 unit mobnas yang sudah diserahkan OPD ke Bidang Aset. Umumnya mobnas yang kondisinya rusak berat atau mesinnya mati total sehingga harus ditarik menggunakan kendaran lain. Perintah penyerahan mobnas ke bidang aset itu sesuai Surat Edaran (SE) Pemkab Lebong yang ditanda tangani Penjabat (Pj) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lebong, Drs. Dalmuji Suranto. (sca)

Berita Lainnya

Target PAD Lelang Mobnas Rp 2 M

PELABAI – Dalam proses lelang 80 unit mobil dinas (mobnas), Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah ...

error: Content is protected !!