Jumat , 26 April 2019
Home / Pemilu / Tingkatkan Pengawasan Parpol dan Caleg

Tingkatkan Pengawasan Parpol dan Caleg

KOORDINASI: Panwascam di Kabupaten Kaur mengikuti rapat fasilitasi dan koordinasi pengawasan tahapan pemilu yang digelar Bawaslu Kaur di Pusat Kuliner Pemkab Kaur Selasa (2/4) malam. (foto: albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – Jelang pemilu yang tinggal 13 hari lagi, Bawaslu Kaur merapatkan barisan dengan menggelar rapat fasilitasi dan koordinasi pengawasan tahapan pemilu yang digelar di Pusat Kuliner Pemkab Kaur Selasa (2/4) malam. Rapat ini diikuti seluruh anggota Panwascam di Kabupaten Kaur.

Komisioner Bawaslu Kaur, Oyon Zupra dengan tegas mengingatkan agar semua anggota Panwascam meningkatkan pengawasan. Saat ini rawan akan pelanggaran pemilu, apalagi memasuki masa hari tenang nanti. “Saya tekankan kepada semua Panwascam Kaur untuk tidak ada lagi yang meninggalkan tempat. Semua harus berada di tempat untuk melakukan pengawasan. Apa lagi hari jelang pencoblosan semakin dekat. Untuk itu perketat pengawasan di wilayahnya masing-masing,” terang Oyon Zupra.

Tidak hanya itu saja Oyon, juga meminta agar Panwascam Kaur juga melakukan koordinasi dengan pengawas di tingkat desa dan TPS. Menjelang pemilu biasanya  diduga akan banyak pelanggaran, baik itu yang dilakukan oleh parpol atau oknum caleg.

“Beberapa hari lagi jelang pemilu ini masa rawan, jadi kita harus benar-benar melakukan pengawasan. Netralitas sebagai pangawas harus ditunjukkan dengan tidak tebang pilih dalam pengawasan. Jika ada pelanggaran dan bukti kuat laporkan, waspadai politik uang dan sebagainya,” tegas Oyon kepada semua Panwascam.

 

Kerjasama PPK dan Panwascam

Bawaslu Bengkulu Utara melakukan rapat koordinasi dan juga bimtek pengawasan pemilu bagi Panwascam dan PPK. Kegiatan ini bukan hanya diikuti oleh Panwascam yang berada di bawah Bawaslu, namun juga Panitia Pimilihan Kecamatan (PPK) yang berada di bawah KPU.

Komisioner Bawaslu BU Tri Suyanto menuturkan kegiatan ini memang dirancang untuk Panwascam dan PPK. Keduanya adalah penyelenggara pemilu di kecamatan yang memang harus bekerjasama dalam mensukseskan pemilu 17 April mendatang. “Kita gelar bimtek bersama karena tugas PPK dan Panwascam saling berkaitan,” terangnya.

Hal ini juga untuk mengetahui tugas mereka masing-masing yang terkait dengan program kerja PPK dan Panwascam. Apalagi saat ini tugas PPK dan Panwascam semakin berat lantaran pleno penghitungan terakhir dilakukan di kecamatan.

“Jangan sampai nanti PPK dan Panwascam berseberangan, sedangkan tugas mereka sama. Makanya kita gelar bimtek agar mereka mengetahui apa yag menjadi tupoksi PPK dan Panwascam,” pungkas Tri.(cik/qia)

Berita Lainnya

Tiga PPK Lanjut Pleno Hari Ini

ARGA MAKMUR – Sebanyak tiga PPK diperkirakan masih akan melanjutkan pleno rekepitulasi suara hari ini. ...

error: Content is protected !!