Selasa , 16 Juli 2019
Home / Breaking News / Ikut Pilbup Serentak Tahun Depan, KPU Usulkan Dana Rp 20 Miliar

Ikut Pilbup Serentak Tahun Depan, KPU Usulkan Dana Rp 20 Miliar

SELEKSI: Pelamar operator Situng mengikuti seleksi di KPU Mukomuko, Senin (4/4). (foto : peri/rb)

MUKOMUKO – Kabupaten Mukomuko menjadi salah satu daerah yang mengikuti Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Ini dinyatakan dalam surat KPU RI Nomor 408 Tahun 2019, bahwa Kabupaten Mukomuko masuk dalam 270 kabupaten kota yang menjadi peserta Pilkada serentak 2020.

“Kita sudah diperintahkan untuk melaksanakan koordinasi dengan pemerintah daerah, terkait dengan fasilitasi anggaran untuk Pilkada serentak tahun 2020,” kata Ketua KPU Mukomuko, Irsyad.

Meski belum dibahas bersama Pemkab, diprediksi estimansi dana Pilkada untuk Kabupaten Mukomuko membutuhkan hingga Rp 20 miliar. Adanya kenaikan itu, lantaran disesuaikan dengan kondisi terkini. Jumlah tersebut tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Sebab di Pilkada sebelumnya, untuk KPU dialokasikan hingga Rp 16 miliar oleh Pemkab Mukomuko bersama DPRD Mukomuko.

“Estimasi itu, dengan perkiraan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sampai tujuh pasang. Dengan hitungan lima pasang dari partai politik dan dua pasang dari jalur independen,” jelas Irsyad.

Irsyad belum bersedia memastikan angka riil yang akan diajukan KPU Mukomuko. Pihaknya masih menunggu tahapan Pilkada serentak 2020 dari KPU RI. Jika tahapan sudah ada, baru pihaknya menyusun detail kebutuhan anggaran.  “Kalau sudah ada tahapan, tentu akan ada pembayaran tahap pertama. Yang itu harus dikejar tersedia anggarannya di APBD Perubahan Kabupaten Mukomuko Tahun Anggaran 2019,” kata Irsyad.

Sementara itu, KPU melaksanakan seleksi tenaga operator untuk aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pemilu 2019. Ada 56 pelamar, akan diseleksi hanya 25 orang yang diterima. Mereka yang lolos nantinya bertugas, menginput data C1 ke aplikasi Situng.  KPU Mukomuko menargetkan, bisa menjadi KPU daerah tercepat dalam menuntaskan upload C1 dari TPS ke aplikasi Situng. Bukan saja tercepat di Provinsi Bengkulu, tapi menjadi KPU tercepat upload C1 di aplikasi Situng tingkat nasional.

“Hari ini  langsung kita plenokan hasilnya dan diumumkan. Kita targetkan Situng tercepat nasional. Nanti kita susun strateginya. Kita petakan dulu wilayah penempatan. Mereka ini akan bertugas selama satu bulan,” tutup Irsyad. (hue)

Berita Lainnya

Surati KPK, Awasi Pilwagub

BENGKULU – Pemilihan wakil gubernur Bengkulu (Pilwagub) akan segera dilangsungkan dalam rapat paripurna DPRD Provinsi ...

error: Content is protected !!