Jumat , 6 Desember 2019
Home / Metropolis / Akui Harga Bawang Naik, Disperindag Operasi Pasar

Akui Harga Bawang Naik, Disperindag Operasi Pasar

MELONJAK: Harga bawang yang terus melonjak naik sehingga membuat para pembeli maupun penjual merasa kesulitan. (foto: yudi/rb)

BENGKULU – Harga bawang merah maupun putih di pasaran semakin “pedih” di kantong. Bahkan saat ini untuk bawang merah per kilogram sudah mencapai Rp 48 ribu dari sebelumnya Rp 36 ribu per kilogram. Sama dengan harga bawang putih yang juga mengalami kenaikan saat ini mejadi Rp 35 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp 25 ribu-30 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu, Dewi Darma menjelaskan pihaknya saat ini terus melakukan pememantauan harga sebanyak 3 kali perminggunya. Dalam pemantauan tersebut, memang didapati bahwa bawang mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

Menurutnya, kenaikan harga tersebut biasanya memang terjadi menjelang hari besar seperti bulan Ramadan dan moment besar lainnya.  Tak hanya itu, kenaikan juga bisa terjadi dikarenakan beberapa hal seperti suplay bawang dari kota terdekat mengalami kekurangan pasokan sehingga harganya mulai melonjak naik.

“Beberapa faktor dapat mengakibatkan stok bawang di kota bengkulu kurang sehingga harga naik secara sepihak,” ujarnya

Disperindag Kota tetap akan berkoordinasi dengan Disperindag Provinsi terkait harga bawang ini. Bila nantinya ditemukan ada indikasi penimbunan atau lainnya maka pihaknya akan berkoordinasi  dengan Satgas Pangan Kota maupun Provinsi untuk langsung melakukan Operasi Pasar.

“Untuk kapan harga tersebut normal kembali kita tidak bisa memastikan karna naiknya secara nasional, tetapi tetap kita berupaya agar harganya bisa kembali stabil,” tutupnya.(cw1)

Berita Lainnya

Bersih Pantai TNI dan Pemda, Peringati Hari Juang Kartika

BENGKULU– Memperingati HUT TNI Angkatan Darat ke -74 tahun 2019, Komando Distrik Militer (KODIM) 047 ...

error: Content is protected !!