Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Seluma / Bawaslu Libatkan Media

Bawaslu Libatkan Media

RAPAT: Bawaslu Seluma, rapat bersama awak media Biro Seluma terkait pengawasan pemilu 17 April mendatang, Jumat (5/4). (foto: yayan/rb)

SELUMA – Untuk meminimalisir kecurangan yang mungkin terjadi dalam pemilu serentak 17 April mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Seluma melibatkan media untuk ikut memantau pelaksanaan jalannya pemilu serentak itu. Pengawasan dimulai dari hari H pencoblosan, proses penghitungan suara, hingga pleno penetapan hasil pemilu di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma.

Ketua Bawaslu Seluma, Yefrizal, SE mengatakan dengan adanya keterlibatan langsung media dalam pengawasan pemilu, diharapkan potensi pelanggaran ataupun kecurangan dalam pemilu tidak terjadi, sehingga benar tercipta pemilu yang jujur dan adil (jurdil).

“Media mempunyai pengaruh yang besar dalam bidang apapun. Oleh karena itu, dengan adanya keterlibatan media dalam pengawasan ini, potensi pelanggaran itu dapat dicegah dan tidak akan terjadi,” terang Yefrizal, saat rapat bersama media Biro Seluma, Jumat (5/4).

Dijelaskan Yefrizal, dirinya sangat yakin dengan netralitas dan independensi media yang tidak memihak pada peserta pemilu manapun. Sehingga, dengan terlibatnya media secara langsung dalam pengawasan pemilu ini, akan memberikan ketenangan bagi peserta pemilu yang ikut berkompetensi dalam pemilu tahun 2019 ini.

“Kita berikan ruang khusus bagi media dalam pengawasan ini. Untuk tekhnis pengawasan, kami sangat yakin dan percaya semua sudah dipahami oleh wartawan. Sehingga sekecil apapun pelanggaran itu, akan terpantau dan terawasi dengan detail,” kata Yefrizal.

Lanjutnya, dirinya juga berharap dengan adanya keterlibatan media secara langsung dalam pengawasan pemilu ini, dapat membatasi oknum yang akan berbuat curang dalam pemilu serentak 17 april mendatang. Pengawasan yang dilakukan bukan hanya pada peserta pemilu tetapi juga pada penyelenggara pemilu.

“Kita hanya ingin pemilu ini benar menjadi pesta demokrasi untuk memilih wakil dan pemimpin yang benar pilihan rakyat, tanpa iming-iming ataupun imbalan. Hasil pemilu ini akan menentukan nasib rakyat Lima tahun ke depan,” ujarnya.

Tambah Yefrizal, dengan dilibatkannya media dalam pengawasan pemilu ini, bukan berarti di Seluma banyak kecurangan. Namun keterlibatan media ini, semata untuk menciptakan pemilu yang jurdil.

“Jadi jangan salah tanggapan, khususnya kepada peserta juga penyelenggara pemilu. Kami hanya ingin, pemilu ini jurdil. Sehingga siapapun yang terpilih adalah murni pilihan masyarakat sesuai hati nurani,” pungkas Yefrizal.(aba)

Berita Lainnya

Nelayan Ditemukan Sudah Tak Bernyawa

SELUMA SELATAN – Okta Wandika (19) nelayan tradisional, warga Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan, ...

error: Content is protected !!