Kamis , 25 April 2019
Home / Daerah / Lebong / Berlaku Surut, Tukin Dibayar Per Januari

Berlaku Surut, Tukin Dibayar Per Januari

Dalmuji Suranto

PELABAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong tetap akan membayarkan Tunjangan Kinerja (Tukin) Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini terhitung Januari. Itu karena Pemkab Lebong menerapkan tukin PNS yang berlaku surut. ‘’Teknisnya masih menunggu Perbup (peraturan bupati, red),’’ kata Penjabat (Pj) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lebong, Drs. Dalmuji Suranto kepada RB, Jumat (5/4).

Pembayaran Tukin itu sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 132 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai yang telah dikeluarkan sejak 2018. Sejauh ini Pemkab Lebong masih menggodok Perbup terkait mekanisme proses pencairan Tukin. Ditargetnya, April regulasi penyaluran Tukin sudah ditandatanagani Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si. ‘’Kami masih mengkaji proses pencairan untuk bulan yang sudah berjalan dan mekanisme pencairan Tukin untuk bulan yang akan datang,’’ terang Dalmuji.

Kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum menerapkan sistem absen sidik jari, diharapnya segera memberlakukannya. Mengingat absensi digital akan menjadi salah satu item dalam penghitungan besaran Tukin yang akan diterima masing-masing PNS. Dipastikannya, besaran Tukin berbeda dengan besaran Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) yang diberlakukan Pemkab Lebong tahun 2018. ‘’Besaran Tukin benar-benar disesuaikan dengan kelas jabatan,’’ ungkap Dalmuji.

Sesuai rancangan Perbup Lebong tentang Tukin Pegawai, dijabarkan 15 kelas jabatan yang dasarnya disesuaikan dengan hasil analisa jabatan (anjab) dan analisis beban kerja (ABK). Untuk kelas jabatan tertinggi, yakni kelas jabatan 15 besaran tunjangannya mencapai Rp 8,5 juta per bulan. ‘’Sementara kelas jabatan terendah, yakni kelas satu nilainya enam ratus ribu rupiah per bulan,’’ tutur Dalmuji. (sca)

Berita Lainnya

Ketua Golkar Ancam Lapor Balik

BINGIN KUNING – Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Kabupaten Lebong, Yanuarto Putra yang melaporkan ...

error: Content is protected !!