Rabu , 24 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Enam Caleg Terjaring Tindakan Pencegahan

Enam Caleg Terjaring Tindakan Pencegahan

PENCEGAHAN: Komisioner Bawaslu Mukomuko dimintai keterangan terkait tindakan pencegahan pelanggaran kampanye, Jumat (5/4). (foto: peri/rb)

MUKOMUKO –Bawaslu Mukomuko ketat menjalankan “operasi” tindakan pencegahan. Ini terbukti, sebanyak enam orang calon anggota legislatif (Caleg) terjaring tindakan pencegahan. Alhasil aktivitas kampanye yang digelar Caleg harus berhenti.

Ketua Bawaslu Mukomuko, Padlul Azmi, SH, didampingi Komisioner Bawaslu Mukomuko lainnya, Amrozi, M.Pd, mengatakan tindakan pencegahan dilakukan karena mereka atau penyelenggara tidak sampaikan surat pemberitahuan ke Polres Mukomuko yang ditembuskan ke Bawaslu.

“Dilakukan pencegahan untuk tidak melanjutkan kegiatan kampanye. Karena tidak ada surat pemberitahuan,” tegas Padlul.

Enam caleg yang terjaring dalam tindakan pencegahan yakni inisial Er Caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI saat hendak pertemuan terbatas di Kota Mukomuko. Lalu En Caleg Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari PAN ketika akan pertemuan di Lubuk Pinang.

Berikutnya Ew, Caleg DPR RI dari PKB saat akan gelar pertemuan di Penarik. Dan Us Caleg DPR RI saat hendak pertemuan di Kota Mukomuko. Caleg Ul dari PAN yang merupakan Caleg DPRD Provinsi.

“Sesuai prosedur, mereka tidak ada pemberitahuan ke polisi dan tembusan kepada Bawaslu. Padahal sebelumnya sudah diingatkan dan sudah kita surati,” jelas Padlul.

Diakui Bawaslu beberapa valer yang terjaring tersebut tindakan pencegahan itu sempat berupaya melawan. Namun setelah diberikan penjelasan, akhirnya dapat menerima dan membatalkan rencana pertemuan terbatas itu.

“Kita jelaskan apa yang harus dipenuhi terlebih dulu. Memang saat ke lokasi kita turut melibatkan pihak kepolisian,” jelas.

Bawaslu minta masyarakat untuk tidak segan melaporkan ke Bawaslu jika ada dugaan pelanggaran. Terutama di masa kampanye sekarang. “Tentu laporan harus tersebut bertanggungjawab. Dikuatkan dengan bukti dan identitas pelapor,” tambah Amrozi.(hue)

Berita Lainnya

Anggaran Pilkada Diusulkan Rp 50 Miliar

MUKOMUKO – APBD Kabupaten Mukomuko akan cukup banyak tersedot untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 ...

error: Content is protected !!