Senin , 22 Juli 2019
Home / Pemilu / Jelang Pemilu, Bawaslu Ingatkan Awas “Serangan Fajar”

Jelang Pemilu, Bawaslu Ingatkan Awas “Serangan Fajar”

ARGA MAKMUR – Bawaslu Bengkulu Utara, Sabtu (6/4) bekerjasama dengan Kepolisian menggelar acara rapat koordinasi terkait pengawasan tahapan pemilu. Pertemuan ini menyisakan 10 hari lagi menjelang hari H pencoblosan.   Seluruh Panwas Kecamatan dikumpulkan dan dijelaskan megenai kemungkinan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi saat menjelang pencoblosan. Termasuk kemungkinan adanya “serangan fajar” atau bagi-bagi uang atau sembako menjelang waktu pencoblosan.

Ketua Bawaslu Bengkulu Utara Titin Sumarni, SH menuturkan jika semua Panwas harus memahami tentang pelanggaran pemilu yang mungkin terjadi termasuk dasar aturannya. Apalagi jika hal itu berkaitan dengan tindak pidana pemilu. “Makanya kita kumpulkan seluruh Panwascam. Termasuk mengundang Gakkumdu sebagai pematera,” terangnya.

Semakin dekat dengan hari pencoblosan ia menyadari jika potensi pelanggaran itu semakin besar. Paslanya seluruh peserta pemilu berebut simpati masyarakat untuk dipilih 17 April nantinya dan bisa menggunakan cara-cara yang melanggar aturan.  “Sehingga kami minta sleuruh penyelenggara harus bekerja keras dalam mengawasi dan menciptakan pemilu yang damai,” ujar Titin.

Sementara Kasat Reskrim AKP. M Jufri, S.Ik yang juga masuk dalam team Gakkumdu menuturkan jika pembagian uang yang dilakukan oleh peserta pemilu atau tim sukses termasuk dalam pelanggaran pemilu dan tidak pidana pemilu. Sehingga Pengawas di lapangan atau di Kecanatan dan Desa harus benar-benar mengawasi kemungkinan tersebut. “Semua kemungkinan harus diantisipasi, termasuk politik uang. Jika memang ada segera tindak dan berkoordinasi dengan Gakkumdu untuk penganannya” terangnya. (qia)

Berita Lainnya

Aan dan Edwar Tunggu Perintah Partai

KEPAHIANG – Pasca munculnya sinyal dari petahana untuk kembali maju dalam Pemilihan Bupati dan Wakil ...

error: Content is protected !!