Senin , 22 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / PAD Tambang Diyakini Meningkat

PAD Tambang Diyakini Meningkat

ARGA MAKMUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara (BU) meyakini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor tambang akan meningkat, terutama dari galian C. Pasalnya, mulai tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) selaku pemberi Izin Usaha Pertambangan (IUP) galian C atau batu dan pasir sungai, memasukkan syarat wajib menunjukkan bukti setor pajak galian C untuk perpanjangan izin. Ini setelah kasus dugaan penipuan pajak dilakukan pengusaha  pertambangan terungkap tahun lalu.

Bahkan sebelumnya Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi meminta Bapenda BU melaporkan jika memang ada pengusaha tambang yang menyetorkan atau melaporkan pajak tidak wajar. Apalagi jika sampai tidak membayar pajak atas aktivitas pertambangan.

Kepala Bapenda BU, Sugeng, SE menuturkan jika Pemkab BU sangat berharap kerja sama dari Dinas ESDM. Pasalnya kini izin dikeluarkan atau diperpanjang langsung oleh Dinas ESDM Provinsi sehingga pengusaha kerap menyepelekan soal pembayaran pajak.

“Kalau  memang sudah ada ketegasan wajib melampirkan bukti setor pajak, itu yang kami inginkan. Sehingga potensi pajak daerah juga tercapai,” terangnya, kemarin (5/4).

Tahun lalu hampir Rp 2 miliar Pajak Galian C yang terkumpul dari biasanya hanya Rp 800 juta. Jika  memang seluruh perusahaan sportif menyetorkan pajak sesuai dengan hasil produksi maka ia yakin jumlahnya akan lebih tinggi lagi.

“Karena galian C ini salah satu unggulan pajak kita. Jadi memang kita target tinggi,” katanya.

Selama ini Bapenda hanya menunggu laporan dari pengusaha tambang untuk menghitung besaran pajak yang harus dibayar. Dengan beralihnya tanggung jawab pertambangan ke provinsi, Bapenda juga tidak memiliki dana untuk melakukan pengawasan pertambangan.

“Harapan kita Dinas ESDM yang melakukan pengawasan. Bapenda juga tentunya tidak ahli dalam menghitung jumlah produksi pertambangan yang dihasilkan dalam satu pertambangan,” pungkas Sugeng. (qia)

Berita Lainnya

Sebulan Tiga Anak, Korban Kekerasan Seksual

ARGA MAKMUR – Kasus kekerasan seksual pada anak memang terbilang tinggi terjadi di Bengkulu Utara ...

error: Content is protected !!