Minggu , 21 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / PAD Terminal Ditarget Rp 300 Juta

PAD Terminal Ditarget Rp 300 Juta

DIFUNGSIKAN: Terminal Pasar Pedati kini sudah mulai difungsikan. Ditargetkan retribusi dari terminal ini bisa menyumbang PAD sebesar Rp 300 juta tahun 2019. (foto: fintah/rb)

BENTENG –  Terminal Pasar Pedati di Kecamatan Pondok Kelapa, saat ini sudah mulai mendapatkan izin untuk penarikan retribusi dari kendaraan angkutan dan barang. Diharapkan tahun 2019 ini bisa menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp 300 juta.

“Setelah vakum dan tidak beroperasi, Terminal Pasar Pedati mulai difungsikan lagi, ” jelas Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Benteng, Zainal Abidin, S.IP, Jumat (5/4).

Dijelaskannya, untuk mulai beroperasinya sebagai wadah penarikan retribusi karena memang landasan hukum untuk pelaksanaannya sudah jelas. Dengan hal itu, potensi untuk penambahan PAD semakin terbuka. “Tidak beroperasinya terminal sudah hampir empat tahun. Jika dihitung, sudah banyak potensi PAD yang tidak terserap dari terminal tersebut sebelumnya,” katanya.

Target awal sebesar Rp 300 juta diharapkan bisa terealisasi. Zainal optimis hal tersebut bisa terpenuhi, mengingat Kabupaten Benteng merupakan jalur lintas dari berbagai daerah. Bahkan jalur lintas provinsi yang ada di Pulau Sumatera ini.

Supaya penarikan retribusi lebih maksimal, Zainal mengaku masih akan ada beberapa perbaikan yang tentunya berkaitan dengan pelayanan. Misalnya untuk jalur masuk dan keluar harus bisa dan lancar dilalui kendaraan.  “Syarat untuk penarikan retribusi harus dilakukan dalam areal terminal, bukan di luar terminal. Jika ada penarikan di luar terminal, maka hal tersebut bisa dikatakan illegal,” ujarnya.

Untuk menghindari anggapan atau prasangka yang kurang baik, Zainal mengaku, selain target PAD, renovasi terminal juga menjadi keharusan. Agar lebih baik terutama dalam pelayanan kepada kendaraan yang akan membayar retribusi masuk dan keluar terminal. “Secara bertahap akan kami lakukan perbaikan,” demikian Zainal. (vla)

Berita Lainnya

Delapan Nama Berpeluang Duduki Kursi Kadinkes

BENTENG – Jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) masuk dalam salah satu ...

error: Content is protected !!