Selasa , 16 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Tersangka Pelanggaran UU Kesehatan ke Jaksa

Tersangka Pelanggaran UU Kesehatan ke Jaksa

DILIMPAHKAN: Penyidik Tipiter Sat Reskrim Polres BS melimpahkan Ab ke JPU Kejari BS, Jumat (5/4). (foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Cukup lama mendekam di sel tahanan Polres BS, ABA atau alias Ab (40), warga Jalan Trip Kastalani Kelurahan Ketapang Besar Kecamatan Pasar Manna, sudah dilimpahkan penyidik Unit Tipiter Sat Reskrim Polres BS ke Kejari BS.

Pelimpahan ini dilakukan, setelah berkas pemeriksaan tersangka kasus pelanggaran undang-undang kesehatan itu sudah dinyatakan lengkap dan siap disidangkan.

“Hari ini (kemarin) dilakukan serah terima tersangka Ab. Setelah dilimpahkan, proses berikutnya persidangan di Pengadilan,’’ kata Kapolres BS, AKBP. Rudy Purnomo, S.IK, MH melalui Kasat Reskrim, AKP. Enggarsah Alimbaldi, SH, S.IK disampaikan Kanit Tipiter Ipda. Gunawan, S.Ikom, MM.

Tersangka Ab berprofesi sebagai tukang salon, dijerat pasal 83 junto pasal 64 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan dan atau pasal 78 junto pasal 73 ayat (2) Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran.

Karena tindakan Ab yang melakukan penyuntikan kepada manusia tanpa ada izin resmi, serta latar belakangnya bukan sebagai tenaga medis.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari BS, Muhammad Arpi, SH membenarkan telah menerima berkas tersangka. Selanjutnya akan menyusun berkas dakwaan. Kemudian akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Manna untuk disidangkan.

“Tersangka ditahan. Penahanannya dititipkan di Rutan Manna. Ini dilakukan guna memudahkan proses sidang dan antisipasi agar tersangka tidak melarikan diri,’’ kata Arpi.

Sekedar mengingatkan, aksi penyuntikan yang dilakukan Ab terjadi pada 5 Februari lalu. Saat itu Ab menyuntik Desi, warga Bandung (Jawa Barat) menggunakan beberapa jenis obat. Pasca disuntik, kondisi Desi drop kemudian dinyatakan meninggal dunia. Atas tindakan tersebut, Ab diproses secara hukum.(tek)

Berita Lainnya

Kuota Jamkesda Masih Tersedia

KOTA MANNA – Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi, SE, MM mengajak masyarakat kurang mampu ...

error: Content is protected !!