Senin , 22 April 2019
Home / Breaking News / Viral Soal Sulit Matematika, Ini Kata Pelajar

Viral Soal Sulit Matematika, Ini Kata Pelajar

UJIAN Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/MA masih menyisakan satu hari lagi, Youthz. Yakni pada Senin (8/4) mendatang untuk mata pelajaran kejuruan (IPA/IPS/Keagamaan). Sudah siap belum untuk menghadapi hari terakhir ujian? Jangan sampai pengalaman buruk UNBK mata pelajaran matematika kembali terulang ya.

Eitss, ada apa dengan matematika? Soal sulit UNBK matematika mendadak viral di media sosial. Banyak siswa menumpahkan keluhannya usai mengikuti UNBK matematika yang digelar Selasa (2/4) lalu. Ujian dengan jumlah 40 soal tersebut dinilai terlalu sulit.

Yapp, diketahui pada Ujian Nasional tahun 2019 ini diterapkan soal dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau disebut dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Soal HOTS ini diaplikasikan pada mata pelajaran matematika.

Siswa SMAN 5 Kota Bengkulu, Fina Leonita mengakui, saat mengerjakan soal matematika harus menguras otak. “Beberapa bab yang dipelajari selama tiga tahun tidak dimasukkan di kisi-kisi, seperti persamaan eksponen dan logaritma. Jadi menimbulkan rasa tidak puas, sudah Bimbel mahal-mahal, belajar susah-susah tapi yang dipelajari tidak diujikan,” ungkap Fina kecewa.

Selain itu, untuk mengerjakan soal sesulit itu waktu untuk mengerjakan soal juga tidak sesuai. Mereka mengerjakan 40 soal dalam waktu hanya 2 jam. “Angkanya tidak cantik jadi dalam persamaan matematikanya buat membingungkan, tidak sesuai dengan estimasi waktu yang diberikan,” katanya.

Akun Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI @kemdikbud.ri pun tak luput dari serbuan netizen untuk meluapkan kekecewaannya. “Saya tadinya berangkat sekolah buat ngerjain matematika, eh sampai sekolah jadi matematika yang ngerjain saya,” curhat akun wawan.supriatna_.
Ada pula yang menyebut UNBK matematika sebagai penghalang cita-citanya untuk menjadi seorang dokter. “Saya ingin menjadi dokter tetapi matematika menjadi penghalang saya dan menyulitkan, bagaimana solusinya dan harus bagaimana saya sebagai seorang siswa,” tulis akun jr_afnand. (tim)

 

Berita Lainnya

MA Tolak Kasasi Terpidana Korupsi Jalan Enggano

BENGKULU – Upaya hukum yang dilakukan salah satu terpidana korupsi Jalan Enggano Kabupaten Bengkulu tahun ...

error: Content is protected !!