Jumat , 26 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / 70 BUMDes Tidak Produktif

70 BUMDes Tidak Produktif

MUKOMUKO – Sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kondisinya mati suri. Ini menjadi tantangan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mukomuko. Untuk membuktikan komitmen dinas ini, bakal membangkitkan puluhan BUMDes yang dinyatakan mati suri. Kepala DPMD Mukomuko, Gianto, SH, M.Si mengatakan, dari 148 BUMDEs yang Ada, sekitar 70 persennya masuk kategori tidak produktif. Baik karena pengurusnya yang mengundurkan diri, dan yang lainnya.

“Memang benar, banyak pengurus yang mundur. Sehingga BUMDes yang sudah terbentuk itu dibiarkan begitu saja. Tahun ini secara berlahan akan kita tata kembali supaya bisa produktif seperti BUMDes yang lainnya,” targetnya.

Ditambahkannya, berkaitan dengan modal usaha BUMDes yang sering dikeluhkan oleh pengurus, nantinya bisa meminta bantuan modal usaha dari pemerintah desa. Bisa diambil dari dana desa (DD), maupun yang lainnya.  Tidak hanya itu saja, untuk BUMDes yang aktif bisa mengajukan permohonan modal usaha ke pemerintah pusat. Seperti yang dilakukan oleh beberapa BUMDes di Kabupaten Mukomuko.

“Anggaran di pemerintah pusat sangat besar sekali. Dan untuk BUMDes yang sudah aktif, mereka bisa mengajukan modal usahanya. Buktinya di tahun 2019 ini ada belasan BUMDEs mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp 50 – 150 juta per BUMDesnya. Jadi 148 BUMDes ini harus berupaya aktif, sehingga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat di wilayahnya,” demikian Gianto.(hue)

Berita Lainnya

Akhir April, TPG Cair

MUKOMUKO – Lebih dari 800 guru yang menanti pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) di triwulan ...

error: Content is protected !!