Senin , 22 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Harga TBS di Bengkulu Selatan Mulai Turun

Harga TBS di Bengkulu Selatan Mulai Turun

KOTA MANNA – Harga Tandan Buah Segar (TBS) di Bengkulu Selatan pekan ini  mengalami penurunan. Harga semula Rp 12.40 per kilogramnya turun menjadi Rp 12.20 per kilogram. Hal ini diungkapkan oleh Humas PT Bengkulu Selatan Lestari (BSL), Sulauwangi.

Dikatakannya, penurunan harga sebagaimana pengaruh harga pasar dunia. Dan dari manajemen PT. BSL mengikuti harga pasar dunia dan bukan karena penumpukan TBS. “Kami dari manajemen pabrik beli TBS, ini berdasarkan harga dunia namun tetap menjaga harga TBS selalu stabil, sebab sawit merupakan komoditi unggulan petani, tidak mungkin sengsarakan petani,’’ papar Idius.

Turunnya harga TBS menurut Idius tidak berpengaruh dengan jumlah pembeli TBS. Sebagaimana setiap hari TBS tertampung mencapai 400 ton. Dan kekhawatiran untuk bahan baku artiya tidak ada sama sekali. “Kita pastikan pasokan TBS tidak mempersulit pengolahan buah TBS meskipun harga TBS turun,’’pungkas Idius.

Sementara itu hal berbeda disampaikan oleh salah satu pelaku usaha buah sawit, Ujang mengaku adanya penurunan harga TBS jelas mempengharuhi hasil pendapatan sebagian petani. Pemerintah daerah diharapkan selalu melakukan pengawasan agar harga TBS di pabrik selalu baik. “Jelas ini sedikit berpengaruh pada para petani dan juga pembeli,” bebernya.

Ditambahkannya, penurunan ini tidak berlanjut dan harga tetap stabil agar para petani tidak merasa was-was dan cemas. “Kami berharap cukup sampai disini saja turun harganya,” terang Ujang. (tek)

Berita Lainnya

 Penjual Pil Samcodin Segera Disidang

KOTA MANNA – Tersangka Yu (28), warga Jalan H Yasin Kelurahan Pasar Mulia Kecamatan Pasar ...

error: Content is protected !!