Senin , 22 Juli 2019
Home / Pemilu / Pemilu Tinggal 10 Hari Lagi, Bawaslu Intensifkan Patroli

Pemilu Tinggal 10 Hari Lagi, Bawaslu Intensifkan Patroli

KOTA MANNA – Pemilihan umum yang tinggal hitungan hari membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkulu Selatan akan  mengintensifkan patroli dan pengawasan. Tujuannya untuk mengantisipasi praktik politik uang pada masa kampanye dan masa tenang Pemilu 2019.  “Dengan kekuatan SDM dan energi yang kami miliki, kami akan intensifkan patroli keliling, guna mengantisipasi politik uang atau serangan fajar menjelang proses pencoblosan,” kata Ketua Bawaslu Bengkulu Selatan, Azes Digusti, S.Kom.

Pihaknya mengaku dalam pengawasan Bawaslu memiliki kekuatan dan energi baru. Yakni pengawas tempat pemungungat suara (PTPS) yang jumlahnya mencapai ratusan orang.  “Kami juga mempersiapkan perangkat laporan untuk masing-masing desa dan wilayah, jika ada pelanggaran bisa langsung ditindaklanjuti,” katanya.

Ia mengatakan, pihak Bawaslu akan turun memberikan pemberitahuan terkait pentingnya melaksanakan pemilu yang sesuai aturan dan jujur. Menurutnya masyarakat perlu diberikan pembelajaran mengenai unsur tindak pidana pemilu, sehingga mereka tahu hal yang dilarang saat masa tenang. “Jangan sampai karena ketidaktahuan mereka kegiatan-kegiatan yang masyarakat lakukan pada masa tenang pemilu terdapat unsur tindak pidananya,” ujarnya.

Terakhir dia mengharapkan, dengan pahamnya masyarakat mengenai unsur tindak pidana pemilu, nantinya masyarakat juga dapat mengawasi kegiatan-kegiatan partai politik pada masa tenang.(tek)

Berita Lainnya

Aan dan Edwar Tunggu Perintah Partai

KEPAHIANG – Pasca munculnya sinyal dari petahana untuk kembali maju dalam Pemilihan Bupati dan Wakil ...

error: Content is protected !!