Kamis , 25 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / 1.193 Tenaga Honda Guru, Diperpanjang

1.193 Tenaga Honda Guru, Diperpanjang

PEMBEKALAN: Ratusan tenaga Honda mendapat pembekalan setelah penyerahan SK. (foto : peri/rb)

MUKOMUKO – Sebanyak 1.193 guru serta tenaga tata usaha (TU) honorer daerah (Honda) diperpanjang masa tugas. Perpanjangan ini ditandainya dengan pemberian SK Honor Daerah dari Pemkab Mukomuko. SK Honda ini diserahkan langsung oleh Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, SH, bertempat di gedung Balai Daerah Pemkab Mukomuko.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko, Winarto, S.Pd, menerangkan tenaga guru dan tenaga TU di sekolah PAUD–SMP yang mendapat SK Honda dari Pemkab Mukomuko merupakan guru dan tenaga TU yang mengabdikan diri sejak tahun 2006–2012.

“Mereka ini sudah belasan hingga puluhan tahun ngabdi menjadi guru dan TU honor murni. Dari kebijakan Pemkab Mukomuko, mereka akhirnya diangkat menjadi guru dan TU Honda,” papar Winarto.

Bahkan jumlah mereka, setiap tahunnya terus berkurang. Karena tahun 2018 lalu, ada 2.212 guru dan TU mendapat SK Honda. Tapi tahun ini hanya ada 1.193 guru. ‘’Yang lainnya sudah keluar mencari pekerjaan lainnya,” papar Winarto.

SK Honda yang diberikan berlaku selama satu tahun masa kerja. Jadi bulan Desember 2019 mendatang SK Honda itu tidak berlaku lagi. SK Honda tersebut berlaku jika ada perpanjangan dari Pemkab Mukomuko bagi tenaga guru dan TU yang aktif. ‘’Jika mereka ini masih aktif dan tidak lulus tes CPNS, bisa saja SK diperpanjang,” ujarnya.

Sementara untuk tenaga guru Honda, mendapat honor dari Pemkab sebesar Rp 1 juta setiap bulan. Naik sebesar Rp 50 ribu, dari sebelumnya yakni Rp 950 ribu. Sedangkan tenaga TU Honda, mendapatkan honor sebesar Rp 850 ribu setiap bulan. Naik sebesar Rp 50 ribu, dari sebelumnya sebesar Rp 800 ribu setiap bulan.

‘’Kita sangat berharap pascadibagikannya SK Honda ini, dapat memotivasi mereka untuk tetap aktif menjalankan tugasnya. Terlebih lagi, Pemkab Mukomuko masih banyak kekurangan tenaga guru dan TU,” harapnya.(hue)

Berita Lainnya

Keuntungan Habis untuk Bayar Utang BUMD

MUKOMUKO – Usaha milik salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Mukomuko, PT. Mukomuko ...

error: Content is protected !!