Selasa , 16 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / 17 Warga Urus Data Kependudukan

17 Warga Urus Data Kependudukan

REKAM DATA: Warga Bengkulu Tengah (Benteng) saat melakukan proses rekam data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Benteng. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Sejak dibukanya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) pada hari libur kerja, yakni Sabtu dan Minggu, sudah ada 17 warga Benteng yang melakukan proses data kependudukan. Hal ini sesuai dengan harapan dari pemerintah pusat untuk data kependudukan menjelang Pemilu 17 April mendatang.

“Warga datang sendiri ke Kantor Dukcapil Benteng,” terang Kadis Dukcapil, Ayatul Mukhtadin, S.Sos didampingi Sekretaris, Adnand Kasidi, S.Sos, Minggu (7/4).

Dijelaskannya, proses data kependudukan tersebut beragam jenisnya. Mulai dari pencetakan e-KTP, perekaman hingga permintaan Surat Keterangan (Suket). Namun untuk Suket, Dukcapil lebih menganjurkan perekaman hingga pencetakan e-KTP. Proses ini bisa juga dilakukan dengan cepat bahkan hanya dalam waktu sehari. “Blangko e-KTP sudah tersedia dan tidak perlu mengantre lama bagi warga yang memerlukan identitas penduduk secara resmi dari Dukcapil Benteng,” katanya.

Program ini, diakui memang sangat efektif. Keterbatasan warga untuk mengurus data kependudukan di waktu jam kerja, sangat terbantu dengan dibukanya jam kerja meskipun hari libur. Hal ini juga untuk memaksimalkan pengurusan data kependudukan sebelum 17 April ini, sesuai dengan petunjuk dan arahan dari pemerintah pusat.

“Disarankan juga, bagi warga Benteng yang belum mengurus data kependudukan, dapat memanfaatkan program ini. Bahkan bisa langsung untuk mendapatkan fisik dari identitas kependudukan seperti e-KTP, dan sebagainya,” ujarnya.

Sebelumnya, Dukcapil Benteng sudah melakukan proses jemput bola perekaman seperti di sekolah tingkat SMA sederajat di Kabupaten Benteng, dan juga Kantor Camat se Kabupaten Benteng. Tujuannya untuk memaksimalkan data kependudukan sesuai dengan program pemerintah pusat untuk merangkum jumlah data penduduk menjelang tahun 2020.

“Kami siap membantu dan melayani warga yang memerlukan pengurusan menyangkut data kependudukannya,” tutupnya. (vla)

Berita Lainnya

Gaji Perangkat Desa Setara PNS IIA

BENTENG –  Berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tertanggal 18 Juni lalu, bakal terjadi ...

error: Content is protected !!