Kamis , 25 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Bangun Toilet Sekolah

Bangun Toilet Sekolah

MUKOMUKO – Dana lebih dari setengah miliar, Rp 695,4 juta digelontorkan untuk membangun dan merehabilitasi toilet sekolah. Terbanyak yang akan mendapat kegiatan pembangunan ini, yakni sekolah dasar (SD).  Data yang diperoleh RB, SD yang akan mendapat kegiatan ini, adalah SDN 1 Penarik berupa pembangunan MCK dana Rp 180,5 juta. Kemudian pembangunan toilet dengan dana masing-masing Rp 103,8 juta yakni SDN 3 Kota Mukomuko, SDN 2 Selagan Raya, dan SDN 4 V Koto.

Sedangkan untuk kegiatan rehab toilet dan sanitasinya, masing-masing Rp 7,7 juta. Untuk SDN 05 XIV Koto, SDN 04 Air Dikit, dan SDN 03 Kota Mukomuko. Lalu kegiatan pembangunan MCK adalah di SMPN 09 Selagan Raya dengan dana 180,4 juta.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko, Winarto, S.Pd, mengatakan sekolah yang dapat kegiatan ini karena mereka ajukan proposal ke Pemkab Mukomuko. ‘’Memang selama ini toilet dan sanitasi yang dimiliki sekolah itu kondisinya rusak, tidak dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya,” kata Winarto.

Semua anggaran bangun baru maupun rehab bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019. Sedangkan untuk pekerjaan pembangunan sanitasi ini, kemungkinan besar bulan Mei. Kini masih proses perencanaan pembangunan sanitasi baru maupun renovasi.

“Sekarang masih dalam tahap perencanaan. Jika semuanya selesai maka pembangunan sanitasi baru maupun renovasi saniatasi akan segera dilaksanakan. Target kami, tahun 2020, minimal ada puluhan sekolah mendapatkan anggaran pembangunan dan rehab sanitasi,” tutup Winarto.(hue)

Berita Lainnya

Keuntungan Habis untuk Bayar Utang BUMD

MUKOMUKO – Usaha milik salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Mukomuko, PT. Mukomuko ...

error: Content is protected !!