Selasa , 23 Juli 2019
Home / Daerah / Seluma / Bupati Tunda Pencairan Dana Desa Jika Temuan Penyelewengan Tak Tuntas

Bupati Tunda Pencairan Dana Desa Jika Temuan Penyelewengan Tak Tuntas

SELUMA – Bupati Seluma, H. Bundra Jaya, SH,MH meminta agar menunda pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama tahun 2019. Khusus untuk desa yang bermasalah dalam merealisasikan Dana Desa tahun 2018 lalu. Sehingga menjadi temuan tim audit Inspektorat Seluma.  “Tunda dulu pencairannya, sebelum temuan tersebut diselesaikan,” tegas Bundra.

Dijelaskan Bundra, dirinya sangat menyayangkan ulah oknum kepala desa (kades) yang menyelewengkan Dana Desa. Tujuan penyaluran Dana Desa oleh pemerintah pusat untuk percepatan pembangunan infrastruktur desa menuju masyarakat sejahtera. Sehingga dirinya mengharap Inspektorat Seluma, untuk memproses tuntas oknum yang telah melakukan penyelewengan Dana Desa tersebut.

“Jika itu hanya pelanggaran administrasi, perbaiki kesalahannya. Jika terbukti melakukan penyelewengan Dana Desa tersebut untuk kepentingan pribadi, maka oknum kades tersebut harus diproses hukum. Siapa pun itu,” kata Bundra.

Sedikitpun dirinya tidak akan mentolerir kades yang terbukti melakukan penyelewengan Dana Desa untuk kepentingan pribadi. semua harus diproses hukum.  “Memang sangat saya sayangkan, ada oknum kades yang menyelewengkan Dana Desa yang telah dikucurkan tersebut. Oleh karena itu ke depan, saya ingin Dana Desa itu maksimal untuk pembangunan infrastruktur desa sesuai dengan yang telah direncanakan di RAPBDes,” imbuhnya.

Dengan adanya pendamping desa diharapkan dapat membantu kades dalam merealisasikan Dana Desa. Sehingga anggaran Dana Desa yang dikucurkan setiap tahapnya dapat terealisasi sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah pusat.  “Saya akan terus pantau dan awasi realisasi Dana Desa di 182 desa yang ada di Seluma ini. Saya tidak mau lagi mendengar ada desa yang tersandung terkait realisasi Dana Desa ini. Semua harus maksimal baik realisasi maupun pengawasannya,” demikian Bundra.(aba)

Berita Lainnya

Agustus, 30 Caleg Terpilih Dilantik

SELUMA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma menggelar rapat pleno terbuka penetapan 30 caleg terpilih ...

error: Content is protected !!