Senin , 22 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / CJH Benteng Diperiksa Kebugaran Fisik

CJH Benteng Diperiksa Kebugaran Fisik

DIPERIKSA: Salah satu Calon Jamaah Haji (CJH) mengikuti pemeriksaan medis sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Sebanyak 92 orang Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) untuk musim haji 2019 ini, Minggu (7/4) mengikuti pelaksanaan pengukuran kebugaran fisik. Kegiatan dilaksanakan di Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Benteng, H. Sipuan, S.Ag, MM menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik CJH sebelum berangkat menuju tanah suci. “Beberapa tes dilakukan terkait pengukuran fisik CJH,” jelasnya.

Tes tersebut antara lain lari dan juga olahraga ringan lainnya untuk mengetahui kesiapan fisik jamaah sebelum diberangkatkan. Selain itu juga, kembali dilakukan pemeriksaan secara medis.

Dijelaskannya, kegiatan pengecekan kebugaran dan kesehatan ini wajib untuk diikuti oleh seluruh CJH Benteng. Hal ini merupakan bagian dari inovasi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019, yakni menyangkut monitoring kesehatan jamaah yang terdiri dari kegiatan rekam kesehatan (medical record), jamaah terintegrasi dengan Siskohaj serta monitoring kesehatan CJH sejak dari awal.

Selain itu, terkait pelunasan dan biometrik , semua CJH Benteng yang termasuk dalam daftar pemberangkatan musim haji tahun ini wajib untuk melunasi. Semua jamaah sampai saat ini sudah melakukan perekaman biometrik. Tahapan selanjutnya adalah pemberian vaksin meningitis sebelum semua CJH menuju Tanah Suci. “Untuk jadwal pemberian vaksin, kami masih menunggu arahan dari pusat,” demikian Sipuan. (vla)

Berita Lainnya

12 Pasar Siap Dongkrak PAD

BENTENG – Sebanyak 12 pasar atau pekan mingguan yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), ...

error: Content is protected !!