Senin , 22 Juli 2019
Home / Daerah / Lebong / CSR Harus Selaras RPJMD

CSR Harus Selaras RPJMD

Eddy Ramlan

PELABAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong masih mengevaluasi sekaligus memetakan hasil pembangunan non Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sekalipun sudah diingatkan sejak awal tahun, diduga pembayaran Corporate Social Responbility (CSR) tahun 2018 oleh perusahaan di Kabupaten Lebong masih banyak yang belum selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lebong 2016-2021.

Bahkan terindikasi, beberapa perusahaan sama sekali belum menggulirkan kewajibannya membayar CSR atau kontribusi tanggungjawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitar. ‘’Kami minta masing-masing perusahaan yang ada di Kabupaten Lebong segera menyusun laporan program kerja mereka yang sejalan dengan program pembangunan yang dicanangkan Pemkab Lebong,’’ ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si.

Khususnya program kerja 35 pelaku usaha yang tergabung ke dalam Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP) Kabupaten Lebong. Termasuk untuk program CSR tahun 2019, dimintanya seluruh perusahaan mulai menyiapkan agar dapat diselaraskan dengan program pembangunan Pemkab Lebong tahun 2019. ‘’Kalaupun tidak sejalan tahun ini, paling tidak program CSR perusahaan sejalan dengan program kerja Pemkab Lebong ke depan,’’ terang Eddy.

Melalui program pembangunan non budgeter alias tidak dianggarkan dalam APBD, pembangunan di Kabupaten Lebong bisa dipercepat. Artinya peran aktif seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Lebong sangat diharapkan. Tindak lanjutnya, setiap perusahaan wajib menyampaikan hasil program kerja sosial yang telah dilaksanakan tahun 2018 dan rencana untuk tahun ini ke Bappeda melalui Forum TSLP. ‘’Jangan sampai perusahaan tidak menjalankan kewajiban membayar CSR,’’ tukas Eddy.

Sementara Ketua Forum TSLP Kabupaten Lebong, Hasan Basri yang juga menjabat Pimpro PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Proyek Hulu Lais itu belum bisa dikonfirmasi. Alhasil belum bisa dipastikan perusahaan mana saja yang sudah menjalankan kewajiban membayar CSR tahun 2018 serta arah kebijakan program kerja tahun ini. (sca)

Berita Lainnya

Target PAD Lelang Mobnas Rp 2 M

PELABAI – Dalam proses lelang 80 unit mobil dinas (mobnas), Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah ...

error: Content is protected !!