Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Liputan Khusus / Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Dorong Pemanfaatan Geothermal

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Dorong Pemanfaatan Geothermal

Rohidin Mersyah

BENGKULU – Provinsi Bengkulu memiliki potensi energi geothermal (panas bumi) yang tersebar di 3 kabupaten, yaitu Lebong, Kepahiang, dan Rejang Lebong. Potensinya lebih dari 1.000 Mega Watt. Menurut Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, potensi ini perlu didorong untuk dikelola.

Sebagaimana amanat Undang-undang, bahwa bumi air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, maka potensi panas bumi yang dimiliki ini menurutnya akan menjadi sumber pendapatan yang signifikan dan jangka panjang ketika bisa dimanfaatkan.

“Potensi besar itu, kita punya lebih dari 1.000 Mega Watt untuk energi geothermal. Dengan pemanfaatan energi panas bumi menjadi pembangkit listrik, Bengkulu bisa berkontribusi sebagai lumbung energi,” ujar Rohidin.

Lebih lanjut, pemanfaatan geothermal sebagai sumber energi baru dan terbarukan bisa menjadi subtitusi dan bahkan menggeser pembangkit dengan bahan bakar fosil. Selain itu, sosialisasi kepada masyarakat sekitar kawasan pun perlu dilakukan secara jelas agar saat explorasi dilakukan, masyarakat memahami hal yang boleh dilakukan ataupun yang tak boleh dilakukan.

“Sebagai pemerintah kita terus mendorong agar potensi geothermal ini bisa segera dimanfaatkan, dan perencanaan itu perlu kita susun. Agar tahu potensinya, tahapan teknisnya seperti apa,” beber Rohidin.(key)

 

 

Berita Lainnya

Masuk Top Event Nasional

FESTIVAL Bumi Rafflesia merupakan Event tahunan skala internasional yang telah masuk sebagai salah satu Top ...

error: Content is protected !!