Jumat , 26 April 2019
Home / Metropolis / Tarif Sampah Segera Naik

Tarif Sampah Segera Naik

Kenaikan Tarif Retribusi Sampah Terbaru

BENGKULU – Sejak diusulkan 2017 lalu, revisi Perda nomor 5 tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah dan Pengaturan Retribusi Sampah belum disepakati. Usulan kenaikan tarif retribusi sampah di Kota Bengkulu belum ada kesepakatan dengan alasan belum ada kajian akademis dan belum disepakati dewan.

Karenanya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu akan membuat dasar hukum berupa Peraturan Walikota (Perwal) untuk menaikkan tarif retribusi sampah tahun ini.

Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kota Bengkulu, Rusman Effendi membenarkan hal itu. Perwal itu nantinya yang akan menetapkan kenaikan retribusi sampah karena dalam perwal akan dijelaskan poin-poin kenaikan setoran retribusi sampah. Padahal, dari 2017 lalu Pemkot sudah merancang kenaikan tarif retribusi sampah dari Rp 500 menjadi Rp 1.000 untuk tarif sampah kios dipasar, untuk pedagang kuliner yang sebelumnya Rp 1.000 akan menjadi Rp 2.000 hingga untuk kawasan mal dan pertokoan yang semula Rp 600.000 akan menjadi Rp 1.500.000 perbulan.

Akan tetapi, hal itu hanya sebatas usulan saja karena tak kunjung terealisasi. “Ya kami berusaha mengusulkan perwal, yang mana nantinya sudah menjelaskan poin kenaikan tarif rertibusi sampah terbaru,” jelasnya,

Ia menambahkan, selama ini nilai pembayaran retribusi sampah di Kota Bengkulu sudah lagi tidak ideal. Hal itu mengingat ekonomi pertumbuhan ekonomi di kalangan masyarakat sudah semakin bagus. Maka dari itu, dengan kenaikan ini pemerintah berharap akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor persampahan di Kota Bengkulu.

Selama ini PAD dari sektor retribusi sampah tak pernah tercapai, yang mana seperti tahun lalu dari target Rp 1,2 miliar hanya tercapai Rp 1,1 miliar rupiah saja. “Kita berusaha untuk meningkatkan PAD dari sektor retribusi sampah apalagi mengingat pertumbuhan ekonomi yang terbilang cepat di Kota Bengkulu ini,” lanjutnya.

Sementara itu,  jika Perwal tersebut sudah disepakati dan disetujui oleh Walikota maka selanjutnya ditargetkan pada pertengahan bulan ini tarif terbaru retribusi sampah mulai dapat diberlakukan.(cw1)

Berita Lainnya

Jelang Mutasi, Pejabat Pemkot Dikumpulkan

BENGKULU – Secara mendadak Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu, Marjon, MPd Rabu (24/4) pagi memanggil ...

error: Content is protected !!