Sabtu , 20 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Kader TP PKK Diminta Aktif Cegah Stunting di Bengkulu Selatan

Kader TP PKK Diminta Aktif Cegah Stunting di Bengkulu Selatan

BERSAMA : Tim PKK Kabupaten Bengkulu Selatan berfoto bersama usai pembukaan Lomba 10 Program Pokok PKK  di panggung rakyat Pantai Pasar Bawah,  Senin (9/4). (foto : rio/rb)

KOTA MANNA – Asisten III Setda Bengkulu Selatan, Arjo Arifin meminta para kader Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bengkulu Selatan berperan aktif dalam mendukung percepatan penanganan stunting khususnya di Bengkulu Selatan.

Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama. Umumnya karena asupan makanan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. “Saya berharap pada kegiatan yang digelar ini dapat sekaligus memberikan pencerahan dan solusi dalam mencegah dan menanggulangi stunting. Sebab, PKK salah satu ujung tombak yang langsung berhubungan dengan masyarakat,” ujar Arjo disela-sela Penilaian Lomba 10 Program Pokok PKK  di panggung rakyat Pantai Pasar Bawah,  Senin (9/4).

Ia meyakini kader TP PKK lebih mudah memberikan pemahaman mengenai apa dan bagaimana cara mencegah dan menanggulangi masalah stunting. “Ya, sebagaimana yang sering disampaikan pak Plt Bupati disetiap kegiatan itu. Salah satunya dengan memulai pola hidup bersih mengelola dengan baik sampah plastik,” pesan Arjo.

Ketua TP PKK Bengkulu Selatan, Lena Gusnan mengatakan lomba digelar bukan hanya sekedar ajang unjuk kebolehan PKK tingkat Kecamatan. Namun, lebih bertujuan sebagai wadah kreatifitas dan ajang silaturahmi seluruh kader PKK di Bengkulu Selatan.

“Yang paling penting yakni kegiatan yang mengusung tema stunting. Artinya, untuk mencegah kondisi kekurangan gizi kronis terutama seribu hari pertama kehidupan balita yang menyebabkan balita lebih pendek dibandingkan anak seusia mereka. Nah, untuk mencegahnya yakni dengan menjaga pola asuh, pola makan dan sanitasi lingkungan,” pungkas Lena.(tek)

Berita Lainnya

Macet, Pohon Tumbang di Jalan Lintas Padang Panjang

KOTA MANNA – Hujan deras yang mengguyur Kota Manna Jumat (19/4) malam sekitar pukul 22.30 ...

error: Content is protected !!