Selasa , 23 Juli 2019
Home / Breaking News / Karyawan Gelar Aksi Solidaritas, Security Batal Dipecat

Karyawan Gelar Aksi Solidaritas, Security Batal Dipecat

DEMO: Aksi demo yang digelar karyawan PT. AIP Desa Tumbuan, Selasa (9/4). (foto : yayan/rb)

LUBUK SANDI– Humas Agro Indah Persada (AIP) , Willy Zevanya mengaku membatalkan pemecatan terhadap seorang petugas security berinisial RI (35) oleh pihak perusahaan. Ini setelah setelah puluhan karyawan menggelar aksi demo atas pemecatan RI, Selasa (9/4). RI akan dipecat karena diduga menerima fee dari para sopir yang mengantre untuk menjual Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di PT. AIP yang terekam CCTV.

“Kita batal melakukan pemecatan, yang bersangkutan hanya diberi sanksi SP 3 sesuai kode etik perusahaan. Hal ini juga sudah disetujui oleh yang bersangkutan,” jelas Willy.

Kesalahan kode etik yang dimaksud dikatakan Willy, yakni berawal dari ulah yang bersangkutan menerima fee  dari sejumlah sopir truk pengangkut TBS Kelapa Sawit yang terekam CCTV.  “Perbuatan ini sangat dilarang keras oleh perusahaan. Awalnya akan langsung kita pecat, namun karena adanya aksi ini kita hanya berikan SP 3. Dengan catatan, jika kembali mengulangi kesalahan akan langsung dilakukan pemecatan,” ujarnya.

Sebelumnya aktivitas Pabrik Claude Palm Oil (CPO) PT. Agro Indah Persada (AIP) di Desa Tumbuan, Kecamatan Lubuk Sandi, sempat terhenti total akibat demo tersebut.  Beruntung aksi demo yang digelar tidak berlangsung lama. Usai pembacaan keputusan dengan pemberian SP 3 massa mulai tenang. Akibat aksi demo  juga berimbas terhadap antrean truk pengangkut TBS yang kian bertambah. Antren terlihat mulai dari gerbang pabrik, hingga jalan masuk menuju pabrik sepanjang setengah kilometer.

Kapolres Seluma, AKBP. I Nyoman Merthadana, S.Ik melalui Kapolsek Sukaraja, Iptu. Noviaska, SH, MH menegaskan pasca aksi demo kondisi pabrik tetap kondusif. Namun dirinya tetap akan menyiagakan anggotanya untuk mengawasi dan memantau kemungkinan timbul aksi lainnya pasca aksi demo tersebut.  “Kita akan siagakan anggota kita, hingga situasinya benar kondusif. Kita hanya mengawasi untuk antisipasi saja, jangan sampai ada hal yang terjadi pasca aksi demo ini,” demikian Noviaska. (aba)

Berita Lainnya

Kuota Tambahan Solar Tak Efektif

BENGKULU – Penyaluran kuota tambahan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dinilai tidak efektif untuk ...

error: Content is protected !!