Senin , 22 April 2019
Home / Probis / LPS Selesai Verifikasi Pembayaran Tahap 2

LPS Selesai Verifikasi Pembayaran Tahap 2

BENGKULU – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mulai melakukan pembayaran tahap 2 dana simpanan nasabah Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Safir.  Pembayaran tahap 2 secara umum bisa mencapai 5 tahun batas akhir pencairan.

Sekretaris LPS RI, Samsu Adi Nugroho mengatakan dalam pembayaran tahap 2 ini, LPS telah  mencairkan dana nasabah yang telah diverifikasi. Ada lebih dari 2.200 nasabah dengan 2.800 rekening yang diumumkan  pada Tahap 2 ini.

LPS telah mengumumkan pembayaran tahap 2 ini telah disampaikan melalui beberapa koran lokal Bengkulu. Nasabah juga dapat melihat pengumuman yang dipasang di Kantor Pusat BPRS Safir, Kantor Cabang Manna, Kantor Cabang Curup, dan Kantor Cabang Ketahun.

Bagi nasabah yang masuk dalam pembayaran tahap 2, dapat menyiapkan persyaratan yang diperlukan. Sebelumnya, dalam pengumuman status simpanan, nasabah diminta untuk memastikan penulisan nama dan alamat sesuai KTP dan mencatat nomor kode nasabah atau CIF (customer information file) untuk memperlancar proses pembayaran.

Samsu menjelaskan LPS telah menunjuk bank pembayar untuk pencairan dana nasabah BPRS Safir yaitu BRI Cabang Bengkulu, BRI Cabang Manna, BRI Cabang Curup, dan BRI Capem Ketahun. “Nasabah tidak perlu tergesa-gesa dalam mencairkan dana simpanannya karena masih akan dilayani pencairannya hingga 5 tahun ke depan sejak bank dicabut izin usahanya (29 Januari 2024). Demi keamanan dan kenyamanan, diimbau untuk menghindari pencairan dalam bentuk uang tunai. Dana dapat dipindahkan melalui transfer atau pembukaan rekening di BRI,” ungkapnya.

Bagi nasabah yang belum masuk dalam pembayaran Tahap 1 dan Tahap 2 ini, dapat menunggu pengumuman tahap berikutnya. Tim LPS terus bekerja keras untuk menyelesaikan verifikasi data nasabah BPRS Safir. Sesuai undang-undang, LPS berkomitmen untuk menyelesaikan pembayaran nasabah bank yang dicabut izin usahanya maksimal 90 hari kerja sejak tanggal bank dicabut izin usahanya. Nasabah diminta untuk tidak terpancing/terprovokasi oleh pihak-pihak yang mengaku dapat mengurus dan/atau mempercepat proses pembayaran simpanan tersebut di atas, sehingga penanganan klaim penjaminan simpanan dan likuidasi bank dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya.(iks/rls)

Berita Lainnya

Pemesanan Seragam Sekolah Meningkat

BENGKULU – Tahun ajaran baru sekolah yang akan dimulai Juli mendatang, rupanya sudah berimbas pada ...

error: Content is protected !!