Selasa , 23 Juli 2019
Home / Breaking News / Seleksi Operator Situng Disinyalir Curang

Seleksi Operator Situng Disinyalir Curang

KEPAHIANG – Seleksi Tenaga Pendukung Operator Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) di KPU Kabupaten Kepahiang, menuai sejumlah protes dari para peserta. Pasalnya seleksi yang dilakukan tersebut diduga kental unsur kecurangan, lantaran ada beberapa nama peserta yang tidak lulus seleksi administrasi namun bisa mengikuti seleksi kemampuan komputer.

Diketahui dari 38 peserta yang lulus seleksi administrasi, hanya 25 orang yang dinyatakan berhak mengikuti tahapan selanjutnya, yakni seleksi kemampuan komputer. Hanya saja dari 25 orang yang ikut tahapan tersebut, ada 3 peserta yang namanya tidak terdaftar di daftar peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

“Pada dasarnya bukan soal lulus atau tidak lulus seleksi. Namun kami merasa ada permainan dalam seleksi ini. Pasalnya ada peserta yang namanya tidak terdaftar dalam daftar kelulusan seleksi administrasi, tapi kok bisa ikut seleksi kemampuan komputer?,” keluh salah seorang peserta seleksi yang enggan disebutkan identitasnya.

Terpisah Divisi Teknis KPU Kabupaten Kepahiang, Ikrok, S.Pd ketika dikonfirmasi membantah adanya dugaan kecurangan dalam proses seleksi tersebut. Menurutnya KPU Kabupaten Kepahiang membutuhkan 25 orang tenaga pendukung operator Situng. Hanya saja yang memunuhi kebutuhan Cuma 22 orang. “Kami butuh 25 orang, namun yang memenuhi syarat sesuai kebutuh 22 orang. Dan yang kami SK-kan 22 orang,” jelas Ikrok.

Terkait 3 nama yang tidak masuk dalam kelulusan seleksi administrasi namun ikut dalam seleksi kemampuan komputer tersebut, Ikrok mengatakan sejauh ini belum ada penambahan, dan kalau memang ada penambahan maka akan dilakukan perekrutan ulang, bisa melalui internal atau diambil dari eksternal.

“Yang 3 orang tersebut belum kami rekrut, dan rencana akan direkrut ulang penambahan 3 orang. Dan 3 nama tersebut tersebut bukan di ketetapan kelulusan, melainkan hanya di daftar hadir,” singkat Ikrok. (sly)

Berita Lainnya

Kuota Tambahan Solar Tak Efektif

BENGKULU – Penyaluran kuota tambahan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dinilai tidak efektif untuk ...

error: Content is protected !!