Jumat , 18 Oktober 2019
Home / Daerah / Seluma / Amblas, Jalan Talang Saling-Dusun Mandi Angin Tak Kunjung Dibangun

Amblas, Jalan Talang Saling-Dusun Mandi Angin Tak Kunjung Dibangun

BELUM DIPERBAIKI: Inilah jalan longsor penghubung Kelurahan Talang Saling-Dusun Mandi Angin, belum juga diperbaiki. Perbaikannya pun terkesan saling lempar antara Dinas PUPR dan BPBD Seluma. (foto : yayan/rb)

SELUMA– Sejak longsor  22 Desember 2018 lalu, hingga saat ini jalan penghubung Kelurahan Talang Saling, Kecamatan Seluma menuju Dusun Mandi Angin, Kelurahan Napal, Kecamatan Seluma belum juga diperbaiki. Padahal, jalan ini merupakan jalan penghubung menuju perumahan Kodim 0425 Seluma juga komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang ( PUPR) Seluma, M. Saipullah, SE, ST mengatakan kalau menurut leading sektornya, perbaikan jalan longsor tersebut kewenangannya ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma. Karena rusaknya jalan atau gorong-gorong tersebut karena bencana alam.

“Jika menurut aturannya seperti itu. Namun demikian, jika nantinya pembangunan jalan tersebut diserahkan pada kami (PUPR,red), kami siap untuk melaksanakannya,” jelas M. Saipullah.

Dijelaskannya terkadang asumsi yang berkembang di masyarakat, bahwa semua perbaikan jalan merupakan kewenangan Dinas PUPR. Sehingga setiap jalan rusak, menjadi tanggung jawab Dinas PUPR. Namun sebenarnya, untuk perbaikan jalan ini ada dua indikator. Jika jalan tersebut rusak karena bencana, maka kewenangan perbaikannya ada di BPBD. Namun jika perbaikan atau peningkatan status jalan, maka kewenangannya ada di Dinas PUPR.

“Jadi ini harus kita pahami. Bukannya kami tidak mau disalahkan, namun kita harus memahami. Tidak semua kerusakan jalan itu, tanggung jawab Dinas PUPR, kita lihat dulu sebab kerusakannya,” kata M. Saipullah.

Lanjutnya, untuk jalan penghubung Kelurahan Talang Saling-Dusun Mandi Angin, dirinya siap membantu jika BPBD Seluma meminta untuk membuat RAB untuk mengajukan anggaran perbaikan jalan tersebut.
“Termasuk pengerjaanya, kami siap membantu. Namun penanggung jawab atau leading sektornya tetap BPBD Seluma,” ucap M. Saipullah.

Terpisah, Kepala BPBD Seluma, Arben Mukhtiar melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Fuazan Aroni, SE mengatakan bahwa BPBD Seluma telah mengajukan anggaran untuk perbaikan jalan putus tersebut.
“Kita sudah ajukan anggaran untuk perbaikan jalan longsor tersebut, namun sepertinya belum  itindaklanjuti. Oleh karena itu kita akan coba ajukan lagi di APBDP mendatang, jika diakomodir maka jalan tersebut akan langsung kita bangun,” sampai Fauzan.(aba)

Berita Lainnya

42.800 Jiwa Belum Terdaftar BPJS Kesehatan

SELUMA – Jumlah penduduk Kabupaten Seluma saat ini mencapai 211.616 jiwa. Namun yang sudah terdaftar ...

error: Content is protected !!