Kamis , 25 April 2019
Home / Metropolis / Belum Terima Rekomendasi KASN

Belum Terima Rekomendasi KASN

Rohidin Mersyah

BENGKULU – Rekomendasi persetujuan 3 besar hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemprov Bengkulu belum turun. Tanpa persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), 17 jabatan kosong belum bisa diisi dengan pejabat definitif hasil lelang terbuka.

Seperti disampaikan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, tiga besar dari setiap formasi jabatan yang sudah ditetapkan Panitia Seleksi (Pansel) JPTP di lingkungan Pemprov Bengkulu masih harus mendapatkan rekomendasi dari KASN terlebih dulu. Setelah itu nama-nama tersebut baru diserahkan kepada dirinya selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yang memiliki kewenangan untuk memilih 1 diantara nama tersebut.

“Belum saya terima. Bisa jadi dalam waktu 1, 2 hari ini turun dan diserahkan kepada saya. Kalau sudah turun, selaku PPK diberikan hak untuk memilih 1 diantara 3 nama, langsung dilantik,” ujar Rohidin.

Jabatan yang akan segera diisi, meliputi staf ahli bidang pemerintahan, hukum dan politik, Kasat Pol PP, Kadis Perhubungan, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kadis Pariwisata, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Lalu Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kadis Komunikasi Informatika dan Statistik, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kabiro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat. Berikutnya Kabiro Hukum, Kepala Bappeda, Kepala BPSDM, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Kepala Badan Kesbangpol.

Sedangkan peserta yang bersaing masuk 3 besar diserahkan ke KASN ada 51 nama. Nantinya, 34 calon pejabat ini harus berbesar hati bila belum dipilih oleh PKK, karena hanya 17 orang yang akan ditetapkan sebagai pejabat definitif. “Semuanya memiliki peluang yang sama untuk dipilih kalau sudah masuk 3 besar karena semuanya sudah memenuhi standar secara kualifikasi yang sudah ditetapkan pansel,” sambung Rohidin.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Diah Irianti menerangkan, pelantikan 17 pejabat definitif hasil seleksi terbuka JPTP tergantung dari Gubernur Bengkulu. Setelah SK Gubernur pelantikan keluar, barulah BKD selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis menyiapkan pelantikan pejabat. “Tergantung gubernur yah, kita BKD ikut saja. Mudah-mudahan doakan saja semuanya lancar, rekom KASN segera turun,” demikian Diah. (key)

Berita Lainnya

Pemprov Kaji Peluang Rekrut CPNS dan PPK

BENGKULU – Pemprov Bengkulu mengkaji kemungkinan untuk merekrut calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 ...

error: Content is protected !!