Jumat , 21 Juni 2019
Home / Daerah / Seluma / Hanya PKPI dan PBB yang Belum Ambil Buku Saku Bawaslu

Hanya PKPI dan PBB yang Belum Ambil Buku Saku Bawaslu

SELUMA-  Dari 14 Partai Politik (parpol) yang ada di Kabupaten Seluma, dua parpol diketahui belum mengambil buku saku penyelesaian sengketa pemilu yang dikeluarkan Bawaslu.  Yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Bulan Bintang (PBB).  “Yang lainnya semua sudah mengambil, cuma Dua parpol inilah yang belum,” terang Ketua Bawaslu Seluma, Yefrizal, SE melalui Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Pemilu, Suryadi, A.Md, Selasa (9/4).

Dijelaskan Suryadi, buku saku Bawaslu ini diperuntukan bagi saksi parpol juga jajaran Bawaslu. Dalam buku saku ini,  dijelaskan prinsip pencegahan terjadinya sengketa pemilu. “Buku saku ini sangat penting, karena berisi panduan tentang pencegahan dan penyelesaian sengketa pemilu, yang penting dimiliki oleh semua parpol peserta pemilu,” kata Suryadi.

Pihaknya telah menyurati pengurus dua parpol tersebut. Namun hingga kini (kemarin,red) belum juga ada tindak lanjut atas surat yang telah dikirimkan tersebut.  “Untuk itu kami harap agar buku saku ini segera diambil, agar dapat segera dipelajari. Jangan sampai, timbul permasalahan dikemudian hari. Yang akhirnya Bawaslu Seluma yang disalahkan,” ucap Suryadi.

Tambahnya dalam buku saku Bawaslu ini, metode yang digunakan untuk penyelesaian sengketa pemilu dengan musyawarah dalam penyelesaian sengketa pemilu. “Tapi ini harus dipelajari dulu, karena ada kategorinya penyelesaian sengketa pemilu tersebut dengan musyawarah, tapi juga bisa ditindak hukum. Na, dalam buku saku ini semua telah dijelaskan secara gamblang dan terperinci. Oleh karena itu segera ambil dan pelajari,” sampai Suryadi.(aba)

Berita Lainnya

Sekda Seluma Diperiksa Jaksa

SELUMA  – Kejari Seluma terus menggeber pengusutan lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma seluas 43 ...

error: Content is protected !!