Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Seluma / Kades Protes Pembangunan Puskesmas Dipindahkan

Kades Protes Pembangunan Puskesmas Dipindahkan

SAM – Kepala Desa Gunung Kembang, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) melayangkan protes pada Dinas Kesehatan Seluma. Pasalnya Puskesmas rawat inap yang awalnya akan dibangun di Desa Gunung Kembang dipindahkan ke Desa Jambat Akar.  “Dari awal, sudah jelas bahwa Puskesmas itu akan dibangun di desa kami (Gunung Kembang,red). Tiba-tiba dipindahkan ke Jambat Akar, kami tidak terima dan protes. Dinkes Seluma harus komitmen, jangan mencla-mencle (seenaknya saja,red),” kata Hafikin, Selasa (9/4).

Dijelaskan Hafikin, kepastian Puskesmas tersebut dibangun di Desa Gunung Kembang berdasarkan SK Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang disampaikan sendiri oleh Dinkes Seluma. Sehingga menurut Hafikin, tindakan yang dilakukan oleh Dinkes Seluma, menyalahi aturan dan prosedur. Sehingga dirinya atas nama warga Desa Gunung Kembang, sangat memprotes pemindahan lokasi pembangunan Puskesmas tersebut.  “Oleh karena itu kami menuntut, agar pembangunan Puskesmas tersebut tidak dipindahkan, tetap dibangun di desa kami,” imbuh Hafikin.

Ia juga sangat menyayangkan, pemindahan lokasi pembangunan ini sudah berdasarkan SK Bupati Seluma, H. Bundra Jaya, SH, MH. Namun demikian, dirinya juga warga tetap menolak jika pembangunan Puskesmas tersebut dipindahkan ke Desa Jambat Akar.  “Kalau alasan mereka kami tidak siap, itu salah besar. Kami telah siapkan Tujuh lokasi lahan untuk pembangunan Puskesmas tersebut. Kami benar telah siap, untuk pembangunan Puskesmas ini,” jelas Hafikin.

Menanggapi hal ini, Kadinkes Seluma, Rudi Sawaludin, S.Sos mengatakan bahwa Puskesmas tersebut tetap akan dibangun di Desa Gunung Kembang. Sempat akan dipindahkan karena sebelumnya lahan untuk pembangunan Puskesmas tersebut belum siap dan belum ada kepastian.  “Rencana awal memang seperti itu, karena saat kita survei untuk lahan pembangunan Puskesmas tersebut, belum siap. Lahan ada, tapi masyarakat meminta ganti rugi yang besar. Karena itulah rencananya pembangunan Puskesmas tersebut dipindahkan ke Desa Jambat Akar,” papar Rudi.

Namun lanjut Rudi, jika saat ini Desa Gunung Kembang telah menyiapkan lahan untuk pembangunan Puskesmas tersebut, maka Puskesmas rawat inap tersebut akan dibangun di Desa Gunung Kembang.
“Nanti tim kita akan turun untuk memastikannya. Jika memang telah siap, maka akan kita matangkan. Pembangunan Puskesmas tersebut akan segera dilaksanakan,” sampai Rudi.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, bahwa di tahub 2019 ini, Kabupaten Seluma mendapat bantuan sebesar Rp 5 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemenkes khsusus untuk daerah terpencil atau pedalaman. Anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan Puskesmas rawat inap, lengkap dengan fasilitasnya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma, hanya diminta menyiapkan dokter yang nantinya akan ditempatkan di Puskesmas tersebut.(aba)

Berita Lainnya

Kalungan Bunga dan Tari Persembahan, Sambut Aisyah di SMAN 3

AIR PERIUKAN-Aisyah Rahmawati (16) pembawa baki bendera pusaka merah putih saat upacara penurunan bendera peringatan ...

error: Content is protected !!