Senin , 22 April 2019
Home / Metropolis / Pelayanan Umum TPHD Paling Diminati

Pelayanan Umum TPHD Paling Diminati

DAFTAR: Peserta calon seleksi TPHD saat memasukan berkas pendaftaran ke sekretariat Timsel TPHD di Ruang Biro Pemkesra Lantai III Kantor Gubernur. (foto: yunike/rb)

BENGKULU – Pendaftaran seleksi petugas haji daerah atau Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) hari ini ditutup. Hingga kemarin sudah ada 29 warga Bengkulu mendaftar. paling diminati, yaitu formasi untuk pelayanan umum ada 15 orang. Menyusul formasi tenaga kesehatan ada 12 orang dan pelayanan bimbingan ibadah baru 2 orang.

Sekretaris Timsel Petugas Haji Daerah Provinsi Bengkulu, Edy Junaidi mengatakan sudah ada sekitar 29 pelamar mendaftar sebagai calon TPHD. Diperkirakan hari ini jumlah pendaftar masihbertambah karena sudah banyak yang bertanya, namun belum menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran. Berkas pendaftaran peserta seleksi ditunggu paling lambat usai jam kerja 16.15 WIB.

“Untuk pelayanan bimbingan ibadah itu akan bertambah, karena sudah banyak ustad-ustad yang bertanya. Dan kita optimis jumlah kuota masing-masing formasi bisa terpenuhi,” kata Edy.

Ia menerangkan pendaftaran dan penerimaan berkas sudah dibuka sejak 5 April, dan ditutup 10 April. Ada 11 kuota TPHD dengan 3 formasi dibutuhkan, yaitu pelayanan umum dibutuhkan 4 orang, pelayanan bimbingan ibadah 4 orang, dan pelayanan kesehatan 3 orang. Selain ada persyaratan umum yang harus dilengkapi peserta, untuk masing-masing formasi juga ada persyaratan khusus.

“Nanti berkas persyaratan akan diseleksi, dan yang dinyatakan lengkap bisa mengikuti tahapan selanjutnya. Ada tes kemampuan akademik, dan juga wawancara,” beber Edy.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi TPHD oleh timsel, sambungnya, maka pemprov akan menanggung Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 11 TPHD ini. Namun untuk biaya tambahan, yaitu visa progresif sebesar 2000 Saudi Arabia Riyal (SAR) yang diberlakukan bagi jemaah yang sudah naik haji sebelumnya, ditanggung sendiri oleh anggota TPHD. Pembayaran biaya visa ini dilakukan bersamaan dengan pelunasan BPIH.

“Sudah kita umumkan juga, dan peserta diminta untuk membuat surat pernyataan bersedia membayar visa progresif kalau dinyatakan lulus dan pernah naik haji sebelumnya,” demikian Edy. (key)

Berita Lainnya

Porwil Kian Dekat, Rehab Venue Dikebut

BENGKULU – Pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) ke X se Sumatera semakin dekat. Dimana Bengkulu ...

error: Content is protected !!