Senin , 22 Juli 2019
Home / Daerah / Lebong / Pemerintah Pusat Setuju, Sosial dan PBK Jadi Dinas

Pemerintah Pusat Setuju, Sosial dan PBK Jadi Dinas

SIAGA : Mobil damkar (pemadam kebakaran) milik PBK yang baru diperbaiki ini siap melayani masyarakat Lebong 24 jam. (foto : aris/rb)

PELABAI – Penjabat (Pj) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lebong, Drs. Dalmuji Suranto memastikan 2 bidang yang diusulkan menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersendiri, bakal direalisasikan. Saat ini prosesnya masih ditindaklanjuti Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortala). ‘’Yang jelas sudah ada persetujuan dari pusat melalui ditjen (direktorat jenderal, red) masing-masing kementerian OPD bersangkutan,’’ kata Dalmuji.

Kedua bidang itu, Bidang Sosial di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) serta Bidang Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) di Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Besar kemungkinan, kelas OPD keduanya tipe B. Mengingat beban kerja keduanya tergolong sedang. ‘’Kalau tipe A rasanya belum, namun untuk pastinya saya masih menunggu laporan dari Ortala atas hasil koordinasi ke pusat,’’ ungkap Dalmuji.

Tidak dipungkirinya, dengan kondisi masih menginduk di OPD yang tugas pokok fungsinya kurang sejalan, pelayanan di 2 bidang itu kurang maksimal. Seperti pelayanan Bidang Sosial yang kurang terperhatikan karena masih menyisip di Dinas PMDS yang tugas kerjanya terlalu luas. ‘’Begitu juga Bidang PBK, tampaknya kurang berjalan jika masih menyisip di Dinas Satpol PP,’’ terang Dalmuji.

Sementara untuk Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), belum bisa dipastikannya bisa berdiri menjadi OPD setingkat dinas atau tidak karena masih menunggu petunjuk dari Ditjen Kesatuan Bangsa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Diakuinya, wewenang kesbangpol masih sangat terbatas karena statusnya yang masih setingkat bagian di lingkungan sekretariat kabupaten (setkab). ‘’Namun masih terus kami upayakan agar bisa naik tingkat sekelas dinas,’’ tutur Dalmuji. (sca)

Berita Lainnya

Tak Usul Blacklist, OPD Dievaluasi

PELABAI – Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si mengingatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ...

error: Content is protected !!