Kamis , 25 April 2019
Home / Metropolis / Reward untuk Nilai Unas Tertinggi

Reward untuk Nilai Unas Tertinggi

SUMRINGAH: Siswa SMAN 6 usai mengikuti ujian nasional belum lama ini. bagi peserta dengan nilai tertinggi berkesempatan untuk mendapatkan reward. (foto: yunike/rb)

BENGKULU – Kabar gembira bagi siswa peserta Ujian Nasional (Unas) tingkat SMA.SMK. Bagi peserta yang berhasil meraih nilai ujian tertinggi maka akan mendapatkan reward dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu Budiman Ismaun, M.Pd melalui Kabid Pembinaan SMA Dikbud Provinsi Bengkulu Zahirman Aidi, M.TPd. Tahun ini dalam APBD Provinsi sudah dialokasi anggaran untuk pemberian reward bagi siswa berprestasi. Diantaranya untuk reward peraih nilai ujian tertinggi di Provinsi Bengkulu. Reward atau hadiah ini merupakan program tahunan dan diberikan rutin sebagai motivasi kepada para pelajar terutama tingkat SMA/SMK yang ada di 10 kabupaten/kota.

“Anggarannya sudah ada. Kategorinya untuk siswa berprestasi, diantaranya masuk juga untuk nilai unas tertinggi,” kata Zahirman.

Namun untuk jumlah penerima reward, dan jenis hadiahnya menurut Zahirman masih akan dibahas kembali. Serta menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Dengan adanya pemberian reward bagi siswa berprestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para pelajar untuk belajar dan terus berprestasi. Tidak hanya berprestasi diakedemik tapi juga non akademik baik ditingkat sekolah maupun ditingkat daerah dan nasional.

Ada 8.086 siswa SMK terdata mengikuti UNBK, namun 143 diantaranya tidak hadir karena Drop Out (DO), 2 orang tersangdung hukum, dan 3 lagi ikut susulan ujian. Sementara peserta UNBK SMA ada 16.047 siswa dan 2.904 siswa MA, 86 siswa diantaranya gagal ujian dengan alasan 84 DO, dan 2 siswa lagi Meninggal Dunia (MD).

Budiman Ismaun menerangkan kelulusan tahun ini ditentukan oleh sekolah bukan berdasarkan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Target kelulusan diharapkan bisa 100 persen, lebih baik dari tahun sebelumnya. Namun sekolah tidak perlu memaksakan siswa tersebut harus lulus kalau benar-benar tidak layak.

“Reward sebagai motivasi bagi siswa, dan sekolah tidak perlu memaksakan harus lulu semua. Kalau memang anak itu tidak layak lulus yah jangan diluluskan,” imbuhnya. (key)

Berita Lainnya

Pemprov Kaji Peluang Rekrut CPNS dan PPK

BENGKULU – Pemprov Bengkulu mengkaji kemungkinan untuk merekrut calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 ...

error: Content is protected !!