Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Tak Ada Usulan Pelantikan Bupati, Dewan Tolak Bahas Pelantikan Gusnan Mulyadi

Tak Ada Usulan Pelantikan Bupati, Dewan Tolak Bahas Pelantikan Gusnan Mulyadi

KOTA MANNA – Aanggota DPRD Bengkulu Selatan memastikan tidak melakukan pembahasan usulan pelantikan Plt Bupati Gusnan Mulyadi, SE, MM. Kepastian ini muncul setelah hanya segelintir anggota DPRD Bengkulu Selatan yang menghadiri rapat pembahasan.

Sesuai dengan aturan UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota  berbunyi jika terjadi kekosongan kursi bupati maka pihak legislatif harus mengusulkan wakil bupati untuk menjadi bupati maksimal dalam waktu 10 hari. Namun hingga kemarin DPRD dipastikan tidak mengusulkan Gusnan Mulyadi menjadi bupati definitif. Padahal SK pemberhentian Dirwan Mahmud sebagai bupati telah keluar sejak tanggal 19 Maret dan masuk ke DPRD Bengkulu Selatan pada 25 Maret lalu.

Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Yevri Sudianto saat dikonfirmasi membenarkan jika usulan yang seharusnya dibahas batal digelar, sehingga secara otomatis pengangkatan Gusnan Mulyadi sebagai bupati definitif tidak digelar oleh DPRD Bengkulu Selatan.  “Iya batal digelar di sini (Bengkulu Selatan) karena dari berberapa kali rapat anggota banyak yang tidak hadir,” ungkapnya.

Namun meski demikian, Yevri  membenarkan bahwa kebijakan untuk usulan yang ditolak bisa saja diambil alih oleh Pemda Provinsi Bengkulu. Namun tetap diberikan batasan selama 5 hari setelah pembahasan yang dilakukan di provinsi. Penolakan pembahasan pengangkatan Gusnan sebagai bupati ini, diakui oleh Yevri  merupakan hak setiap anggota DPRD. Ia meminta agar seluruh unsur masyarakat bisa menerima kebijakan tersebut.

“Pelantikan memang tidak di Bengkulu Selatan Pemprov akan mengambilalihnya namun tetap memiliki batas waktu,” ujarnya. (tek)

Berita Lainnya

Tampilan Baru New Honda BeAT Street eSP Semakin Ekspresif

BENGKULU – PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan penyegaran terbaru untuk New Honda BeAT Street ...

error: Content is protected !!