Senin , 22 April 2019
Home / Daerah / Lebong / 69 Mobnas Terancam Batal Lelang

69 Mobnas Terancam Batal Lelang

PELABAI – Jumlah mobil dinas (mobnas) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong yang akan dilelang belum bisa dipastikan. Hingga Rabu (10/4), baru 23 unit mobnas yang sudah diserahkan ke Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah (BKD) dari 92 unit yang akan dilelang.

Bila hingga batas akhir, Jumat (12/4) tidak juga diserahkan, 69 unit mobnas yang diusulkan dihapus dari daftar aset bergerak Pemkab Lebong itu batal lelang. ‘’Soalnya KJPP (Konsultan Jasa Penilai Publik, red) yang akan melakukan penghitungan harga jual masing-masing mobnas tidak mau lagi menerima penghitungan susulan,’’ ujar Kabid Aset, BKD Kabupaten Lebong, Rizka Putra Utama, M.Si.

Diakuinya, dari 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengusul, tiga diantaranya sama sekali belum menyerahkan fisik dan dokumen mobnas yang diusulkan dihapus dari daftar aset bergerak. Yakni Dinas Lingkungan Hidup yang mengusulkan penghapusan 6 unit mobnas, Dinas Kesehatan (Dinkes) yang mengusulkan penghapusan 13 unit mobnas dan Sekretariat DPRD yang mengusulkan penghapusan 10 unit mobnas.

‘’Khusus tiga OPD ini, sangat kami harapkan koordinasinya. Kalau memang tidak siap menghadirkan fisik mobilnya sampaikan secara terbuka kepada kami. Artinya lelangnya dibatalkan. Kalau OPD diam saja, kami yang repot,’’ tukas Putra.

Masing-masing OPD juga diingatkannya menyerahkan fisik mobnas secara utuh. Dalam artian tidak mengurangi spek kendaraan. Setiap kondisi kendaraan yang tidak lengkap harus dilengkapi keterangan dan berita acara sehingga tidak ada alat kendaraan yang dikurangi atau sengaja ditukar. Jika dilanggar, pelakunya akan dilaporkan ke polisi atas tindakan penggelapan aset.

Pantauan RB, usulan terbanyak dari Sekretariat Kabupaten (Setkab), jumlahnya mencapai 47 unit. Namun dari jumlah itu baru 15 unit yang sudah diserahkan ke Bidang Aset. Sementara 8 OPD lainnya, rata-rata hanya mengusulkan 1 hingga 2 unit mobnas. Seperti Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) 1 unit dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah 1 unit.(sca)

 

Berita Lainnya

Basarnas Bantu Pencarian Bocah Hanyut

AMEN – Upaya pencarian terhadap Rahmat Gatra Putra Maresta (5), warga Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko ...

error: Content is protected !!