Minggu , 21 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Baru 682 Guru Diusulkan SK Tunjangan Profesi Guru

Baru 682 Guru Diusulkan SK Tunjangan Profesi Guru

MUKOMUKO – Tunjangan Profesi Guru (TPG) untuk triwulan pertama tahun 2019, belum bisa cair dalam waktu dekat. Pasalnya,  masih 830 guru yang sudah lolos sertifikasi namun sampai sekarang belum terbit SK sebagai penerima tunjangan sertifikasi atau TPG tahun anggaran 2019.

Seperti dijelaskan Kasubbag Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko, Agus Triono, S.AP, baru 50 guru yang sudah sertifikasi. Dan mereka sudah terbit SK penerima TPG triwulan pertama tahun 2019.

‘’SK itu bukan kami yang menerbitkan. Tapi diterbitkan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” ujar Agus.

Lebih lanjut dijelaskan Agus, sebanyak 682 guru segera diusulkan penerbitan SK. Sementara 148 guru SD dan SMP lainnya hingga kemarin siang (10/4) masih belum penuhi syarat untuk diusulkan mendapat SK penerima TPG.

“Data ini terus bergerak. Jika guru itu sudah perbaiki kekurangan syaratnya, bisa berubah. Mereka bisa masuk dalam daftar guru yang siap diusulkan SK,’’ ungkapnya.

Kata Agus, terbanyak penyebab guru belum penuhi syarat itu, terkait dengan jam mengajar. Kewajiban jumlah jam mengajar 24 jam dalam seminggu, banyak yang belum bisa terpenuhi. Sehingga pihak Ditjen GTK Kemendikbud belum masukkan guru tersebut ke kelompok yang siap diusulkan SK. Ini selalu terjadi setiap tahunnya. Juga terkadang disepelekan guru-guru tersebut.

“Kalau dia perbaiki syarat, maka langsung ditarik oleh Ditjen GTK Kemendikbud. Jadi silahkan guru guru yang bersangkutan memperbaiki data di data pokok pendidikan (Dapodik) di sekolah masing-masing. Tentu harus sesuai dengan realita di lapangan,” jelas Agus.

Disdikbud Mukomuko masih menunggu guru-guru yang belum memenuhi syarat tersebut untuk secepatnya menyampaikan informasi terbaru GTK individu ke dinas. ‘’Guru yang sudah cetak info GTK yang sudah valid dibawa ke dinas. Kita tunggu,” demikian Agus.(hue)

Berita Lainnya

Tiga Parpol Minimal Mendapat Dua Kursi

MUKOMUKO – Setidaknya ada tiga partai politik (Parpol) yang menimal mendapat dua kursi DPRD Mukomuko ...

error: Content is protected !!