Kamis , 25 April 2019
Home / Daerah / Seluma / Biar Kebal, 172 CJH Divaksin

Biar Kebal, 172 CJH Divaksin

VAKSINASI: CJH musim haji 2019 saat diberi vaksin meningitis oleh Dinkes Seluma, Rabu (10/4). (foto : yayan/rb)

SELUMA – Sebanyak 172 Calon Jamaah Haji (CJH) Seluma musim haji 2019, Rabu (10/4)  diberi vaksin meningitis oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma. Pemberian vaksin akan digelar selama dua hari ini, sebagai upaya memberi kekebalan kepada 172 CJH  terhadap virus meningitis. Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Seluma, Drs. H. Herman Yatim, MM mengatakan kegiatan digelar selama dua hari mengingat jarak tempuh CJH berbeda-beda, malah banyak diantaranya dari desa pedalaman. ‘’Bagi yang belum divaksin hari ini (kemarin,red) bisa dilakukan besok (hari ini),’’ ujarnya.

Dinkes Seluma menyiapkan empat dokter untuk memvaksin 172 CJH Seluma. Secara tertib CJH datang menemui petugas, setelah itu menunggu di tempat yang telah disiapkan sebelum dipanggil oleh petugas untuk dilakukan vaksin. ‘’Vaksin meningitis ini sangat penting bagi CJH sebelum berangkat ke tanah suci. Pemerintah Arab Saudi tidak mau menerima CJH jika belum divaksin meningitis,’’ kata Herman.

Selain itu, aturan terbaru yang dikeluarkan Kemenag RI bahwa surat keterangan kesehatan CJH yang dikeluarkan Dinkes, menjadi syarat dalam pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Laporan kesehatan ini nanti akan dikirim melalui website, yang nantinya akan dilihat oleh pihak bank saat pelunasan BPIH.

‘’Salah satu syarat dikeluarkannya surat kesehatan, CJH harus melaksanakan vaksin meningitis. Jika tidak ada surat kesehatan, maka pelunasan BPIH belum bisa dilakukan,’’ sampai Herman.

Sementara itu Kabid Pencegahan dan Penanganan Penyakit Dinkes Seluma, Ahmad Taviv, S.IP melalui Kasi Surveilen dan Imunisasi, Irwan Ramdani, S.KM mengatakan tidak ada kendala dalam vaksinasi CJH di hari pertama. Setengah CJH telah selesai dilakukan vaksin. ‘’Sisanya akan kita tuntaskan besok (hari ini,red),’’ katanya.

Dari pemeriksaan yang telah dilakukan petugas kesehatan, penyakit yang paling banyak diderita oleh CJH adalah hipertensi, jantung dan diabetes, sama seperti CJH sebelumnya. ‘’Namun masih dalam batas aman, sehingga tidak ada kendala bagi CJH kita untuk menunaikan rukun Islam ke lima tahun 2019 ini,’’ demikian Irwan.(aba)

Berita Lainnya

PSU Dua TPS Sekalak Paling Lama 27 April

SELUMA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seluma telah menyampaikan surat rekomendasi ke Komisi Pemilihan ...

error: Content is protected !!