Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Seluma / Dana Desa Bukan Untuk Bangun Jalan Kabupaten

Dana Desa Bukan Untuk Bangun Jalan Kabupaten

SELUMA – Menyikapi ada desa yang menggunakan Dana Desa  untuk membangun jalan milik kabupaten tahun 2018 lalu, Sekda Seluma, Irihadi M. Si meminta agar kades dapat membedakan mana aset pemkab dan mana aset desa. ‘’Harus dipahami, aset milik kabupaten itu tanggung jawab kabupaten. Desa tidak bisa membangunnya dengan alasan apapun,’’ tegas Irihadi.

Diingatkannya, khusus Desa Talang Rami, Kecamatan Seluma Utara yang mengunakan Dana Desa tahun 2018 membangun siring jalan kabupaten, akan menjadi temuan. Karena Dana Desa itu peruntukannya khusus untuk membangun infrastruktur milik desa. Seperti jalan lingkungan atau jalan sentra pertanian dan atau berupa bangunan yang memang diperlukan oleh masyarakat desa.

‘’Desa Talang Rami ini akan bermasalah saat pembuatan laporan realisasi Dana Desa tahun 2018. Siring yang telah dibangun tersebut tidak bisa menjadi aset desa, tetap akan menjadi aset kabupaten. Buktinya sekarang lagi dilakukan audit khusus oleh Inspektorat Seluma,’’ tukas Irihadi.

Untuk itu ke depan, kades dapat memahami aturan dan mekanisme penerapan Dana Desa ini. Selain itu, peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD), pihak kecamatan juga pendamping desa sangat diharapkan dalam penyusunan RAPB-Des. Kesalahan seperti yang terjadi di Desa Talang Rami tidak terulang dan terjadi di desa lainnya.

‘’Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) sudah saya minta untuk teliti saat melakukan verifikasi pengajuan berkas rekomendasi pencairan Dana Desa yang diajukan oleh kades. Jika ada kejanggalan, lakukan audit ulang dan rekomendasi pencairan Dana Desa ditunda hingga temuan tersebut diselesaikan,’’ sampai Irihadi.

Terpisah, Sekretaris Desa (Sekdes) Talang Rami, Ujang Sukarwan membenarkan dalam realisasi Dana Desa tahun 2018, salah satu item pembangunannya membangun siring di jalan milik kabupaten. “Saya sudah ingatkan saat pembahasan RAPBDes, tapi tidak digubris oleh kades saat itu (Nasirman,red). Imbasnya, pencairan Dana Desa dan ADD tahap 1 tahun ini mengalami penundaan,’’ demikian Ujang .(aba)

Berita Lainnya

Perda Mandul, Hewan Ternak Berkeliaran

SELUMA – Tidak dianggarkannya operasional penertiban hewan ternak dalam APBD 2019, membuat Satuan Polisi Pamong ...

error: Content is protected !!