Selasa , 25 Juni 2019
Home / Breaking News / Dua DPO Hoax Server KPU Bakal Tertangkap

Dua DPO Hoax Server KPU Bakal Tertangkap

JAKARTA-  Sebentar lagi tabir kasus hoax server Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal tersingkap. Pasalnya, Bareskrim dipastikan telah mengetahui keberadaan dua orang yang masuk ke daftar pencarian orang (DPO). Mereka merupakan pengunggah pertama hoax dan orang yang berada di dalam video hoax. Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, dua orang tersebut diketahui keberadaannya. Satu orang berada di Jawa Tengah dan satu orang lagi berada di Tangerang. ”Saat ini masih menunggu hasilnya dari tim,” tuturnya.

Saat keduanya tertangkap, maka akan diketahui motif sebenarnya pembuatan hoax tersebut. Sebab, dari dua orang tersangka yang telah tertangkap motif sebenarnya belum tergambar. ”Dua orang yang tertangkap ini tidak saling kenal, hanya terseret,” ujarnya.

Dia mengatakan, tentu saja setelah tertangkap keduanya akan berstatus tersangka dan ditahan. Sehingga, bisa diperiksa kapanpun untuk menjelaskan tabir kasus tersebut. ” Mereka kan creator dan buzzer utama,” jelasnya.

Ada fakta baru yang didapatkan Bareskrim terkait dua tersangka yang telah tertangkap. Salah seorang tersangka ternyata bisa mendapatkan Rp 3,5 juta dari berita hoax yang disebarkan melalui sebuah aplikasi news aggregator. ”Iya dapat uang itu,” ujarnya.

Dengan terungkapnya kasus hoax tersebut, dia mengatakan bahwa masyarakat tentunya perlu untuk lebih waspada jelang pemilu. Sebab, produksi hoax bisa jadi meningkat. ”Ini kemungkinan,’ ujarnya.

Hoax itu dibuat untuk berbagai tujuan. Namun, yang pasti masyarakat bisa merugi bila mempercayai hoax. Bila ikut menyebarkan bisa malah terkena pidana. ”Maka, lebih baik cek semua informasi yang beredar itu. jangan ikut nyebar,” urainya.

Sebelumnya, KPU melaporkan hoax bahwa server di Singapura tewlah disetting untuk memenangkan salah satu calon.  Padahal, KPU sama sekali tidak memiliki server di luar negri. Semua server berada di Indonesia. (idr)

Berita Lainnya

3 Anggota PPK Divonis 6 Bulan

SELUMA – Suasana ruang sidang Cakra, Pengadilan Negeri (PN) Tais mendadak hening saat majelis hakim ...

error: Content is protected !!