Jumat , 18 Oktober 2019
Home / Berita utama / Gubernur Pastikan Pemilu Siap Digelar

Gubernur Pastikan Pemilu Siap Digelar

VIDEO CONFERENCE: Gubernur Bengkulu didampingi Kapolda Bengkulu, Danlanal dan unsur FKPD lainnya saat video conference dengan Kemendagri, Rabu (10/4). (foto : ist/rb/mc)

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah memastikan pelaksanaan Pemilu 17 April di Bengkulu siap digelar. Tidak ada lagi permasalahan untuk logistik pemilu, termasuk dari sisi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) juga kondusif. “Alhamdulillah sampai hari ini terkait logistik baik surat suara, kotak suara termasuk DPT kita sudah tidak ada persoalan. Khusus logistik untuk Enggano besok diberangkatkan dibantu kapal TNI AL, kalau yang lain mayoritas H-1,” kata Rohidin usai memaparkan kesiapan pelaksanaan Pemilu kepada kementerian dalam negeri melalui video conference di ruang Pola Pemprov Bengkulu, Rabu (10/4).

Koordinasi melalui video conference di ruang Pola Pemprov,  terang Rohidin, digelar serentak di seluruh Indonesia. Video conference terkait koordinasi kesiapan dalam rangka penyelenggaraan Pemilu serentak 17 april mendatang. Maisng-masing provinsi diminta untuk melaporkan bagimana kondisi kesiapan daerah terutama dari sisi distiribusi logistik, keamanana, termasuk partisipasi pemilih.

“Di sisi kamtibmas juga kondusif dimana masyarakat Bngkulu sangat antusias untuk menggunakan hak suaranya. Juga dari partisipasi, kita mendapatan dukungan penuh dari kepolisian dan TNI melakukan sosialisasi gar masyarakat menggunakan hak pilihnya,” bebernya.

Rohidin menegaskan, terkait sosialisasi juga KPU bersama Pemda serta unsur TNI dan Polri selalu bergandeng tangan agar pelaksanaan Pemilu pada 17 April nanti bisa sukses, kondusif dan partisipasi pemilih meningkat. “Kita ingin menjadikan pesta demokrasi di Bengkulu benar-benar menggembirakan. Tentu saja dengan kaedah-kaedah penyelenggaraan yang jujur, adil, transparan,” tegasnya.

Bekerja sama dengan FKPD di Bengkulu, Rohidin, juga memastikan dan menjamin netralitas TNI, Polri serta ASN. “Soal netralitas ASN, termasuk TNI dan Polri kami benar-benar komitmen. Kita tidak menginginkan adanya persoalan dalam penyelenggaraan pemilihan presiden dan wakil presiden serta legislatif ini,” terangnya.

Dalam video conference yang dipimpin Direktur Jenderal (Dirjen) Politik Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo mengapresiasi kesiapan Provinsi Bengkulu menjelang Pemilu serentak. Pemprov Bengkulu diminta untuk memantau pengiriman logistik ke Pulau Enggano. “Semoga distribusi (ke Enggano) tidak terkendala cuaca. Apabila ada persoalan, mohon segera komunikasi,” pesan Soedarmo.

Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) M Andri Wahyu Sudrajat, ST menyatakan kesiapan pihaknya untuk membantu pendistribusian logistik pemilu ke Pulau Enggano menggunakan kapal milik TNI AU. Direncanakan siang atau sore ini ini logistik pemilu untuk ke Pulau Enggano  akan dibawa oleh kapal menuju Pulau Enggano. “Memang ada permintaan dari KPU untuk meminta bantuan kapal kita, dan tentunya kita siap,” tandasnya.

Sebelum Distribusi

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, S. Ag, MM hingga kemarin belum bisa membeberkan jumlah angka pasti kekurangan surat suara di kabupaten/kota. Namun diperkirakan Irwan jumlahnya bisa mencapai ribuan surat suara. Kekurangan surat suara ini dipastikan akan ditambah oleh KPU RI. Pihaknya juga akan memonitoring langsung ke percetakan surat suara. Targetnya sebelum pendistribusian logistik pemilu ke TPS, surat suara tambahan sudah tiba di masing-masing kabupaten/kota yang masih kekurangan surat suara. Begitu juga untuk beberapa formulir yang masih dibutuhkan.

Kekurangan hanya untuk kebutuhan TPS yang dekat dengan KPU. Sehingga kalaupun tambahan surat suara tiba mendekati hari H, maka tidak akan menjadi kendala untuk pendistribusian surat suara tambahan. “Tadi masih rakor ketika saya tinggal untuk ikut video conference. Jadi belum tahu angka pastinya dari hasil rakor,” demikian Irwan. (key)

Berita Lainnya

Pertama Di Indonesia Bulog Gandeng Pemkab Kepahiang Terkait Penyediaan Kebutuhan Beras ASN

KEPAHIANG – Untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok, khususnya beras kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan ...

error: Content is protected !!