Sabtu , 20 April 2019
Home / Daerah / Seluma / Lahan 10 Kantor Camat Belum Disertifikatkan

Lahan 10 Kantor Camat Belum Disertifikatkan

SELUMA – Ternyata dari 14 kantor camat yang ada di Kabupaten Seluma, baru empat yang sudah memiliki sertifikat tanah tempat berdirinya kantor. Sedangkan 10 kantor camat belum ada dokumen kepemilikan tanah.   Disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Seluma, Nopetri Elmanto, M.Si, 10 kantor camat yang belum ada sertifikatnya itu juga tidak memiliki dokumen hibah atau surat wakaf.  “Yang sudah memiliki sertifikat baru Kantor Camat Sukaraja, Air Periukan, Kantor Camat Talo dan Ilir Talo. Sedangkan yang lain belum ada kejelasan terkait status lahan tempat berdirinya kantor camat tersebut,” jelas Nopetri.

Bagian Administrasi Setda Seluma saat ini tengah menelusuri dokumen pemekaran Kabupaten Seluma berupa surat hibah aset non bergerak tersebut dari kabupaten induk (Bengkulu Selatan). Sayangnya, belum membuahkan hasil. Bahkan 10 kantor kecamatan yang belum bersertifikat tersebut tidak memiliki surat atau dokumen kepemilikan. Baik itu surat hibah atau wakaf dari warga.

“Inilah sebabnya kantor kecamatan ini belum bisa dibuatkan sertifikat. Karena untuk menerbitkan sertifikat harus ada dokumen asal usul tanah, seperti dokumen hibah, atau surat wakaf dari warga bila lahan itu pemberian warga. Tanpa ada dokumen asal-usul lahan tersebut pihak ATR/BPN tak bisa menerbitkan sertifikat,’’ terang Nopetri.

Tidak patah arang, Bagian Administari saat ini melakukan penelusuran ke  pemilik awal atau ahli waris lahan kantor kecamatan terkait agar dapat dibuatkan surat hibah ataupun wakafnya. Mengingat pentingnya sertifikat itu sebagai dasar dalam inventarisasi aset nonbergerak Pemkab Seluma.     Kepada kades Nopetri meminta untuk proaktif menginvetarisir aset nonbergerak milik desa. Jika belum memiliki sertifikat, agar segera mengusulkan atas nama desa, sehingga aset tersebut jelas statusnya secara hukum.

‘’Desa jangan teledor. Jika aset seperti balai desa atau kantor desa dan lainnya belum bersertifikat, segera urus melalui program PTSL yang saat ini tengah dilaksanakan oleh ATR/BPN Seluma,’’ pungkasnya.(aba)

 

Berita Lainnya

Gakkumdu Proses Dugaan Money Politics, Barang Bukti Contoh Surat Suara dan Uang Rp 200 Ribu

SELUMA – Gabungan Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) Seluma melakukan penyelidikan terhadap laporan dugaan money polics ...

error: Content is protected !!