Rabu , 24 Juli 2019
Home / Metropolis / Anggota Parpol Boleh Jadi TPHD

Anggota Parpol Boleh Jadi TPHD

BENGKULU – Kabar gembira bagi pelamar calon petugas haji daerah yang berstatus sebagai anggota Partai Politik (parpol). Lantaran tidak ada aturan yang melarang bagi anggota parpol untuk ikut berkompetensi dalam seleksi calon Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD). Asal memenuhi persyaratan administrasi maka orang tersebut bisa lolos ke tahapan berikutnya.

“Tidak ada larangan bagi anggota parpol untuk ikut seleksi calon TPHD. Selama memenuhi persyaratan administrasi, dan persyaratan khusus yang sudah kita umumkan, serta warga Bengkulu bisa ikut,” kata Ketua Tim Seleksi (Timsel) Petugas Haji Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri.

Ada 55 pelamar posisi TPHD yang memasukan berkas persyaratan ke sekretariat timsel di Lantai III Ruang Biro Pemerintahan dan Kesra Kantor Gubernur hingga pendaftaran ditutup, Rabu (10/4). Diantaranya diketahui ada yang merupakan anggota parpol. Ke-55 pelamar ini belum bisa dipastikan seluruhnya bisa lulus ke tahapan selanjutnya, yaitu tes tertulis uji kompetensi karena berkas persyaratannya masih akan diverifikasi.

“Berkas persyaratan ke-55 pelamar ini masih akan diverifikasi kembali. Bagi yang memenuhi persyaratan akan mengikuti uji kompetensi kemampuan akademik,” sambung Hamka.

Untuk jadwal uji kompetensi, terangnya, diperkirakan setelah pemilu serentak. Lokasi pelaksanaannya ada 2 pilihan tempat, yaitu gedung Pola Pemprov Bengkulu atau gedung serba guna di kantor Gubernur Bengkulu. Tahapan selanjutnya, calon anggota TPHD harus melewati tahapan tes wawancara. Saat tes wawancara inilah persyaratan khusus seperti harus bisa mengaji, mengetahui ilmu manasik haji dan hapal doa-doa untuk pelamar dengan pilihan formasi pembimbing ibadah akan diuji secara langsung dihadapan timsel.

“Kuota TPHD kita sebanyak 11 orang. Untuk 11 orang yang terpilih maka akan diberangkatkan oleh Pemprov untuk mendampingi jemaah Bengkulu, dan biayanya juga ditanggung pemprov,” jelas Hamka.

Senada dengan Hamka, anggota pansel lainnya yang juga Ketua MUI Provinsi Bengkulu Prof. Rohimin menegaskan bahwa tidak ada larangan bagi anggota parpol untuk ikut seleksi calon TPHD. Persyaratannya hanya terdiri dari persyaratan umum dan persyaratan khusus sesuai formasi yang dibutuhkan, tidak melarang bagi anggota parpol.

“Tiga formasi dibutuhkan, yaitu 4 orang pelayanan umum, 4 orang pelayanan bimbingan ibadah, dan 3 orang pelayanan kesehatan. Masing-masing ada persyaratan khususnya,” demikian Rohimin. (key)

Berita Lainnya

Komite Jangan Beratkan Wali Murid

BENGKULU – Saat ini peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020 sudah mulai masuk sekolah. Dengan ...

error: Content is protected !!