Minggu , 21 Juli 2019
Home / Metropolis / Distribusi Soal UNKP Usai Pemilu

Distribusi Soal UNKP Usai Pemilu

CEK: Petugas Dikbud saat menghitung dan mengecek jumlah dus berisikan soal UNKP. (foto: yunike/rb)

BENGKULU – Sebanyak 351 dus soal Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tingkat SMP tiba di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, Kamis (11/4). Dus-dus soal tersimpan rapi di gudang dalam kondisi tersegel. Pendistribusian soal ke kabupaten/kota dimulai 19 April untuk Kabupaten Mukomuko.

Sekretaris Ujian Nasional Provinsi Bengkulu, Syaiful Amri, M.Pd mengatakan 351 dus soal UNKP tersimpan di gudang Dikbud Provinsi Bengkulu, meliputi 332 dus soal UNKP utama, 8 dus soal susulan, 6 dus soal UNKP bagi SLB, dan 5 dus soal susulan untuk SLB. Dus-dus ini akan didistribusikan ke kabupaten/kota mulai 19-20 April, H-2 sebelum pelaksanaan ujian.

“Tanggal 19 sore ke Mukomuko dan tanggal 20 pagi baru ke kabupaten/kota lainnya. Soal akan diantar dengan pengawalan langsung polisi,” ujar Syaiful.

Terdata di Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu, terangnya, ada 29.543 peserta unas tingkat SMP/SLB se Provinsi Bengkulu. Meliputi 17.054 peserta akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan 12.489 lainnya mengikuti ujian dengan masih menggunakan kertas pensil atau berbasis UNKP. Sementara itu ada 313 sekolah yang siap melaksanakan UNBK, yaitu di Kota Bengkulu ada 34 sekolah, Bengkulu Utara ada 87 sekolah, Rejang Lebong ada 32 sekolah.

Selanjutnya di Kabupaten Bengkulu Selatan ada 18 sekolah yang sudah menyatakan siap menggelar UNBK, lalu di Seluma ada 16 sekolah, Kaur ada 20 sekolah, Mukomuko 33 sekolah, Lebong ada 29 sekolah, Kepahiang ada 20 sekolah, Bengkulu Tengah (Benteng) ada 24 sekolah Sedangkan sekolah masih melaksanakan unas berbasis UNKP ada 223 SMP dan 8 SLB. Tersebar di Kota Bengkulu ada 20 sekolah dan 2 SLB, di BU ada 1 SLB.

Kemudian di Rejang Lebong ada 39 SMP masih UNKP, Bengkulu Selatan ada 20 SMP dan 1 SLB, Seluma ada 40 SMP dan 1 SLB, Kaur ada 30 SMP dan 1 SLB, Mukomuko ada 32, di Lebong hanya 1 SLB, di Kepahiang ada 21 SMP dan 1 SLB, dan di Benteng ada 21 SMP. “52 persen sekolah sudah mengggunakan  UNBK, sisanya masih UNKP. Yang susah 100 persen UNBK di Bengkulu Utara dan Lebong,” beber Syaiful.

Syaiful menambahkan Unas tingkat SMP/SLB akan dilaksanakan 22-25 April. Dengan mata pelajaran hari pertama untuk Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan terakhir mapel diujikan adalah IPA. Sementara ujian susulan dijadwalkan selama 2 hari, 29-30 April.

“Nanti ada titik kumpul di masing-masing kabupaten kota. Sekolah bisa langsung mengambil soal dititik kumpul tersebut,” tutup Syaiful. (key)

Berita Lainnya

Anggaran Lampu Jalan, Tambah  Rp 10 Miliar

BENGKULU – Program terang menderang lampu jalan wilayah Kota Bengkulu tampaknya menjadi program prioritas Pemerintah ...

error: Content is protected !!