Rabu , 24 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Pembayaran TPG Diupayakan April

Pembayaran TPG Diupayakan April

MUKOMUKO – Meski masih 830 guru yang belum terbit SK penetapan guru penerima tunjangan profesi guru (TPG) tahun anggaran 2019, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko tetap berupaya, bulan April ini sudah ada TPG yang cair khususnya TPG triwulan pertama tahun 2019.

Pasalnya, sudah ada 50 guru yang terbit SK dari Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ini dikatakan Kasubbag Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko, Agus Triono, S.AP, kemarin.

Jadi Disdikbud akan membayar TPG untuk guru yang sudah terbit SK. Disdikbud tidak akan menunggu tuntasnya SK seluruh guru yang sudah lulus sertifikasi.

‘’Tetap diupayakan April. Bisa di minggu ketiga, bisa jadi minggu keempat. Yang jelas akan kita proses tanpa harus menunggu SK tersebut harus terbit semu,’’ jelas Agus.

Terpenting alokasi anggaran untuk pembayarannya sudah keluar. Apalagi dana tersebut langsung bersumber dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Karena hingga kemarin pihaknya belum dapat informasi, apakah dana pembayaran TPG triwulan pertama sudah masuk ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) atau belum.

“Kita belum dapat informasi resmi. Kalau sudah keluar alokasi anggarannya, segera diusulkan untuk pembayaran TPG,” jelas Agus.

Diakui Agus, persoalan kurang jam mengajar itu terjadi setiap tahun. Seharusnya guru lebih jeli melihat. Jika ada potensi kekurangan jam mengajar, sejak awal segera diatasi. Jadi tak sampai mengganggu proses pembayaran TPG.

‘’Ada waktu pengurusan dari Januari. Karena yang bisa mengubah di Dapodik itu, adalah sekolah. Bukan Dinas. Jadi sebelum guru mengubahnya sendiri, maka data di Kemendikbud tetap seperti itu,” pungkasnya.(hue)

Berita Lainnya

Anggaran Pilkada Diusulkan Rp 50 Miliar

MUKOMUKO – APBD Kabupaten Mukomuko akan cukup banyak tersedot untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 ...

error: Content is protected !!